Share

Profil Timnas Curacao, Negara Peringkat 84 Dunia Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022

Tim Okezone, Okezone · Kamis 21 Juli 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 51 2633531 profil-timnas-curacao-negara-peringkat-84-dunia-calon-lawan-timnas-indonesia-di-fifa-matchday-september-2022-MnNnSAd5Do.jpg Berikut profil Timnas Curacao (Foto: laman resmi FFK)

PROFIL Timnas Curacao, akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, Curacao adalah satu dari tiga calon lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday September 2022.

Sepak terjang Curacao di dunia sepakbola tidak banyak diketahui oleh pencinta Timnas Indonesia. Itu wajar karena Curacao, yang berada di bawah naungan Federasi Sepakboal Curacao (FFK), berlaga di zona Concacaf (Amerika Utara dan Tengah).

Timnas Curacao (Foto: Istimewa)

Uniknya, FFK sempat berada di bawah Federasi Sepakbola Antillen Belanda (NAVU). Sebab, negaranya berada di bawah koloni Belanda.

Saat masa Antillen Belanda berakhir pada 2010, FKK pun mengukuhkan diri pada 9 Februari 2011. Meski begitu, FFK sejatinya telah berdiri sejak 1921 silam.

Perlu diketahui, Curacao kini menempati ranking 84 dunia. Artinya, posisi Curacao ada cukup jauh di atas Timnas Indonesia yang kini menempati ranking 155 dunia.

Meski kalah dalam ranking FIFA, itu tidak berarti kualitas Timnas Indonesia langsung ada di bawah Curacao. Curacao pun kurang bersinar dalam beberapa pertandingan terakhirnya.

Ambil contoh, dalam delapan pertandingan terkini, Curacao hanya menang sekali, dua kali imbang, dan lima kali kalah. Salah satu kekalahan Curacao diterima dari Bahrain dengan skor telak 0-4.

Alhasil, Timnas Indonesia punya peluang untuk menang atas Curacao jika bertemu nanti. Akan tetapi, ada sedikit kendala untuk mempertemukan Timnas Indonesia dengan Curacao.

Kendala itu adalah sebagian pemain dan ofisial Curacao belum divaksin. Padahal, vaksin adalah salah satu syarat untuk masuk ke Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Mochamad Iriawan (Foto: PSSI)

“Tetapi, untuk Curacao ada kendala. Sebab, sebagian pemain dan ofisial belum melakukan vaksin. Padahal, salah satu syarat untuk masuk Indonesia harus sudah vaksin,” jelas Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan, dilansir dari laman resmi federasi, Kamis (21/7/2022).

Selain Curacao, Timnas Indonesia juga menjajaki peluang beruji coba dengan India (ranking 104) dan Hong Kong (145). Akan tetapi, jika ingin menaikkan ranking FIFA sekaligus menguji kualitas permainan, pertandingan kontra Curacao-lah yang dibutuhkan Timnas Indonesia. Sebab, Curacao telah menembus 100 besar ranking FIFA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini