Share

Media Vietnam Sindir Timnas Indonesia yang Ingin Tinggalkan AFF dan Pindah ke EAFF, Tanda Tak Rela Ditinggal Indonesia?

Maulana Yusuf, MNC Portal · Senin 18 Juli 2022 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 51 2631382 media-vietnam-sindir-timnas-indonesia-yang-ingin-tinggalkan-aff-dan-pindah-ke-eaff-tanda-tak-rela-ditinggal-indonesia-OpbRBMBXVP.jpg Timnas Indonesia siap tinggalkan AFF demi gabung EAFF? (Foto: AFF)

MEDIA Vietnam, The Thao 247, menyindir Timnas Indonesia yang ingin meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) dan pindah ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). The Thao 247 ragu Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI mengambil langkah ekstrem, yakni meninggalkan AFF.

"Indonesia mengancam akan berhenti bermain di Asia Tenggara (AFF) dan bergabung dengan Federasi Jepang dan Korea (EAFF)," tulis The Thao 247 dalam judul artikel yang mereka buat.

Timnas Indonesia U-19

(Timnas Indonesia diminta keluar dari AFF)

Isu Timnas Indonesia ingin meninggalkan AFF buntut dari turnamen Piala AFF U-19 2022. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 sebagai tim tuan rumah menyatakan ketidakpuasan dengan hasil laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19 yang bentrok di matchday pamungkas Grup A, Minggu 10 Juli 2022 malam WIB.

Laga itu diduga ada main mata atau yang biasa dikenal sebagai sepakbola gajah. Kedua tim seperti sengaja mempertahankan skor ketika kedudukan sama kuat 1-1. Hasil 1-1 membuat Timnas Indonesia U-19 angkat koper lebih awal karena kalah head-to-head dari Vietnam dan Thailand.

PSSI kemudian memberikan surat protes kepada AFF terkait dugaan adanya main mata di laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19. Sayangnya, AFF belum merespons protes yang diajukan PSSI.

"Hal ini membuat Federasi Sepakbola Indonesia marah dan mengirimkan surat pengaduan kepada AFF untuk meninjau ulang pertandingan antara Vietnam U-19 vs Thailand U-19," lanjut The Thao 247.

"Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) merasa tidak dihargai ketika AFF tidak menanggapi surat protes di Piala AFF U-19 2022 baru-baru ini," tambah The Thao 247.

Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19

(Ada dugaan praktik sepakbola gajah di laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19)

Hingga berita ini ditulis, AFF masih diam menghadapi tudingan tuan rumah Piala AFF U-19 2022, Indonesia. Hal ini yang membuat media Vietnam itu menyoroti dengan keras.

"Berbagi pada 17 Juli, Ketua Umum PSSI, Mochamad Irawan mengungkapkan kekesalan ketika AFF tidak menanggapi keluhan. Ia berharap AFF segera menanggapi surat protes tersebut," tulis pernyataan The Thao 247.

"Selain itu, Ketua PSSI juga mengingatkan dengan lembut untuk mundur dari AFF, 'Jika kita beralih federasi, itu berarti Indonesia akan memiliki persaingan yang lebih sedikit (Federasi Sepak Bola Asia Timur). Terima kasih kepada mereka yang telah mendukung kami," tambah pernyataannya.

"Saat ini, PSSI sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur. Untuk saat ini, PSSI masih menunggu Federasi Sepak Bola Asia Tenggara," tutup The Thao 247.

Menarik menanti apa respons PSSI selanjutnya. Akankah PSSI berani membawa Timnas Indonesia keluar dari AFF?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini