Share

5 Pemain Naturalisasi Asal Brasil yang Mendunia, Nomor 1 Juara Piala Eropa

Cita Zenitha, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 51 2621409 5-pemain-naturalisasi-asal-brasil-yang-mendunia-nomor-1-juara-piala-eropa-3M5lxVUmL9.jpg Berikut 5 pemain naturalisasi asal Brasil yang mendunia (Foto: Laman resmi UEFA)

ADA 5 pemain naturalisasi asal Brasil yang mendunia akan dibahas dalam artikel ini. Seperti diketahui, proses naturalisasi dalam sebuah Tim Nasional (Timnas) suda lumrah terjadi. Bukan hanya di Timnas Indonesia, negara lain pun juga melakukan naturalisasi demi kepentingan kemajuan Timnas negara tersebut.

Bicara soal naturalisasi itu, tak sedikit negara yang menaturalisasi pesepakbola asal Brasil untuk memperkuat timnya. MisalnyaAlessandro dos Santos, seorang pesepak bola Brasil yang biasa dipanggil Alex dinaturalisasi oleh Jepang.

Selain itu, cukup banyak pula pemain Brasil yang dinaturalisasi oleh negara lain dan justru bisa lebih berprestasi. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud? Berikut 5 pemain naturalisasi asal Brasil yang mendunia:

5. Diego Costa

Diego Costa

Di urutan kelima ada Diego Costa seorang pemain kelahiran Brasil yang sebelumnya memiliki dua kewarganegaraan yaitu Brasil dan Spanyol. Walau sebelumnya sempat bergabung dalam dua pertandingan bersama Timnas Brasil. Tapi, Diego Costa lebih memilih bergabung bersama Spanyol.

Hingga kini Diego Costa diketahui sudah memiliki 24 cap bersama Timnas Spanyol sejak debutnya pada 2014 silam. Sejauh ini, Diego Costa sudah mengoleksi 10 gol bersama Timnas Spanyol.

4. Deco

Deco

Deco banyak dikenal sebagai legendaris sepak bola Timnas Portugal. Ia memulai kariernya bersama Nacional dan Corinthians. Walau sering membela kesebelasan Portugal seperti Benfica, Alverca, Porto dan Salgueiros, sebenarnya Deco merupakan seorang kelahiran Brasil.

Lama berkarier di Portugal, dirinya pun memutuskan bermain untuk Timnas Portugal. Bersama Timnas Portugal, ia pun kerap dipercaya mengisi skuad utama. Sejak debutnya hingga pensiun pada 2013, Deco sudah bermain sebanyak 75 kali dan mencetak lima gol.

3. Thiago Alcantara

Thiago Alcantara

Jika membicarakan latar belakang Thiago Alcantara sebenarnya cukup unik. Pasalnya kedua orang tua Thiago Alcantara merupakan orang Brasil, hanya saja ia lahir di Italia.

Akan tetapi, Thiago Alcantara justru memulai kariernya di Spanyol. Ia memulai debut di level kelompok usia bersama Baercelona. Besar di besar Barcelona, ia pun berhasil menembus tim utama Blaugrana (julukan Barcelona).

Thiago Alcantara pun baru keluar dari Spanyol pada 2013 untuk bergabung dengan Bayern Munich. Kemudian, pada 2020 ia memutuskan hijrah ke Liverpool. Punya kebebasan memilih warga negara, Thiago Alcantara justru memilih Spanyol sebagai warga negara utamanya.

Ia pun sudah membela Timnas Spanyol sejak debut pada 2011. Sampai saat ini, Thiago Alcantara sudah bermain 46 kali dan mencetak dua gol.

2. Thiago Motta

Thiago Motta

Tak jauh berbeda dengan Diego Costa, Thiago Motta juga sebelumnya sempat membela Timnas Brasil di usia muda. Thiago Motta lahir di Brasil tepatnya di Sao Bernardo do Campo.

Akan tetapi, pada 2011, Thiago Motta memutuskan membela Timnas Italia hingga kariernya berakhir. Bersama Timnas Italia Thiago Motta sudah bermain 30 kali dan mencatatkan satu gol hingga pensiun pada 2018.

1. Pepe

Pepe

Selain Deco, pemain naturalisasi milik Portugal lainnya adalah Pepe. Pepe diketahui lahir di Brasil pada 26 Februari 39 tahun silam. Akan tetapi sejak kariernya pada 2001 silam, Pepe menghabiskan waktu banyak di Portugal.

Saat itu, Pepe memutuskan bergabung dengan CS Maritimo. Kemudian pada 2004, ia memutuskan hijrah ke FC Porto. Kemudian baru pada 2007, Pepe tergabung dengan Timnas Portugal di bawah asuhan Luiz Felipe Scolari.

Pepe sudah langganan membela Timnas Portugal. Dilansir dari Transfermarkt, Pepe sudah melakoni 127 caps dengan catatan tuju gol sejak 2007 hingga saat ini.

Keputusan bergabung bersama Timnas Portugal dinilai menjadi keputusan yang baik. Sebab, Pepe justru bersinar dan berhasil mengangkat Piala Eropa 2016. Bersama Cristiano Ronaldo ia memenangkan kompetisi level internasional bergengsi di benua Eropa tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini