Share

Mengenal Stadion Patriot Candrabhaga dan Stadion Madya, Venue dari Piala AFF U-19

Jonathan Simanjuntak, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 51 2620114 mengenal-stadion-patriot-candrabhaga-dan-stadion-madya-venue-dari-piala-aff-u-19-mZ3GboWWNZ.jpg Stadioon Madya di kawasan Gelora Bung Karno bakal jadi venue Piala AFF U-19 2022. (Foto: PSSI)

JAKARTA - Stadion Patriot Candrabhaga di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi dan Stadion Madya, di Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat merupakan dua venue yang bakal mempertontonkan Piala Asean Footbal Federation (AFF) U-19 2022. Dipilihnya dua stadion ini bukan tanpa alasan, sebab lapangan tersebut pernah menyuguhkan laga-laga bergengsi di tingkat internasional.

Stadion Patriot Stadion Patriot Candrabhaga (Sindo)sendiri direnovasi sejak 2012 silam, kala itu pembangunan dilakukan untuk merenovasi lapangan yang dikenal sebagai gelanggang olahraga (GOR) di Kota Bekasi. Pembangunan tersebut dilakukan di masa kepemimpinan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dan rampung pada tahun 2014.

Kini stadion berkapasitas 30.000 lebih penonton tersebut pun sudah bertaraf internasional dan pernah menyajikan kompetisi seperti mulai dari Liga 1 Indonesia, AFF sampai Asian Games. Tak ayal, Stadion Patriot Candrabhaga dipercaya untuk menghelat pertandingan internasional AFF U-19 kali ini.

"Selain dekat dengan Jakarta mungkin, Patriot Candrabhaga juga pernah digunakan untuk pertandingan taraf internasional, jadi tamunya sudah bukan Asia, tapi juga pernah dari Eropa," ungkap Kepala UPTD Stadion Patriot Candrabhaga, Endang Tohari, Rabu (29/6/2022).

Stadion yang terletak di pinggir Jalan Ahmad Yani tersebut bakal menjajaki penampilan Garuda Nusantara Indonesia yang tergabung dalam grup A Piala AFF U-19 2022. Persiapan mengenai stadion pun sudah rampung untuk bisa memfasilitasi pertandingan.

"Insya Allah tadi sudah koordinasi dengan tim teknis, tim tiket, polisi," tutur Endang.

Di sisi lain, atmosfer perhelatan Piala AFF U-19 2022 sudah ditunggu-tunggu masyarakat, apalagi Timnas Indonesia turut terlibat. Puluhan ribu suporter merah putih pun sudah siap mendukung langsung Garuda Nuasntara untuk melibas lawan-lawannya.

Hanya saja, atmosfer tersebut belum terlihat dari luar stadion. Atmosfer hanya terasa ketika masyarakat mencari-cari tiket untuk siap menonton Indonesia.

"(spanduk mengenai AFF U-19) masih sedikit, tapi atmosfer terasa karena sudah banyak masyarakat yang bertanya-tanya tentang penjualan tiket. Kita serahkan ke PSSI, karena sampai sekarang tiket belum deal," lanjut Endang.

Stadion Madya

Tak kalah gengsi, Stadion lainnya merupakan Stadion Madya yang terletak di Pusat Jakarta di dalam kompleks olaharaga Gelora Bung karno (GBK). Bisa dikatakan, venue tersebut bahkan menjadi stadion kapasitas terbesar kedua di kompleks Gelora Bung Karno.

Stadion Madya juga pernah menjadi lokasi penutupan even kejuaran internasional Pesta Olahraga Piala Difabel Asia tahun 2018 silam. Nantinya stadion berkapasitas sekitar 9 ribu penonton ini utamanya akan mempertontonkan pertandingan di grup B Piala AFF U-19.

"Selain Patriot Candrabhaga, Stadion Madya dipilih karena beban lapangan kalau di Patriot semua akan sangat berat," tutup Endang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini