Share

Menebak Susunan Formasi dari Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 51 2619793 menebak-susunan-formasi-dari-shin-tae-yong-untuk-timnas-indonesia-u-19-di-piala-aff-u-19-2022-9Hnl1oxmpB.jpg Menilik susunan formasi dari Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. (Foto: Twitter/@pssi)

MENEBAK susunan formasi dari Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 menarik dikulik. Sebab, Timnas Indonesia U-19 membidik gelar juara di ajang Piala AFF U-19 2022 yang sebentar lagi akan segera dimulai.

Ya, turnamen antar-pasukan muda negara-negara Asia Tenggara, Piala AFF U-19 2022, dijadwalkan berlangsung pada 2-15 Juli. Ajang ini akan digelar di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Bekasi.

Timnas Indonesia U-19

Timnas Indonesia U-19 sendiri tergabung di dalam Grup B bersama Myanmar, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina. Garuda Nusantara -julukan Timnas Indonesia U-19- bakal menjadi tuan rumah dan menjamu lawan-lawan tersebut di Stadion Patriot Candrabhaga dan Stadion Madya Gelora Bung Karno.

Sejauh ini, ada 30 nama yang dipanggil oleh pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, ke Timnas Indonesia U-19 untuk menjalani pemusatan latihan. Dari nama-nama yang ada, mayoritas merupakan penggawa yang bermain di turnamen Toulon Cup 2022 di Prancis.

BACA JUGA: Piala AFF U-19 2022: Pelatih Timnas Thailand U-19 Tebar Ancaman Buat Timnas Indonesia U-19, Sebut Timnya Berada di Level Berbeda

Jika melihat dari turnamen tersebut, Garuda Nusantara banyak menggunakan formasi 4-3-3 sebagai pakem. Namun, kala itu, mereka ditangani oleh sang asisten pelatih, Dzenan Radoncic, karena Shin Tae-yong menemani anak buahnya mentas di SEA Games 2021.

Kendati demikian, tampaknya tak akan ada perubahan dari segi formasi Timnas Indonesia U-19 pada gelaran Piala AFF U-19 2022. Pasalnya, turnamen Toulon sendiri memang digunakan untuk membentuk pola permainan mereka. Jika itu diubah, mereka tentu akan butuh adaptasi lagi.

BACA JUGA: 5 Calon Lawan Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF U-19 2022, Mana Paling Berbahaya?

Dengan begitu, posisi kiper diprediksi bakal kembali diisi oleh Cahya Supriadi. Lalu, di depannya, ada dua bek tengah, yakni Muhammad Ferrari dan Ahmad Rusadi, yang akan ditemani oleh dua bek kanan dan kiri, yaitu Raka Cahyana dan Edgar Amping.

Kemudian, Dimas Juliono Pamungkan, Arkhan Fikri, dan Muhammad Rafli Asrul bakal diandalkan lagi untuk mengisi pos di lini tengah. Lalu, Ronaldo Kwateh dan Alfriyanto Nico masing-masing akan duduk di sayap kanan dan kiri untuk menyokong Hokky Caraka sebagai ujung tombak.

Namun, bukan tidak mungkin Shin Tae-yong bakal mencoba formasi 3-4-3 seperti yang diterapkannya di Timnas Indonesia senior. Jika itu terjadi, ada sedikit perubahan, meski Cahya Supriadi tetap akan menjadi pertahanan terakhir di lini belakang Tim Merah-Putih.

Lalu, tiga bek di depannya adalah Muhammad Ferarri, Ahmad Rusadi, dan Kakang Rudianto, yang tampil cukup baik di Liga 1 musim lalu bersama Persib Bandung. Di depannya, ada Dimas Juliono dan Arkhan Fikri sebagai gelandang penyeimbang yang punya kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya.

Timnas Indonesia U-19

Kemudian, sisi sayap kanan dan kiri bakal ditempati oleh Raka Cahyana dan Edgar Amping, yang bisa ikut turun membantu pertahanan dan juga melakukan overlap untuk menyokong penyerangan. Di lini depan, trio Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka, dan Alfriyanto Nico siap untuk diandalkan mengobrak-abrik benteng pertahanan lawan.

Kira-kira seperti itulah prediksi perkiraan formasi yang akan digunakan Shin Tae-yong untuk skuad Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Patut ditunggu, strategi manakah yang akan dipilih oleh juru taktik asal Korea Selatan itu.

Berikut Prediksi Formasi dari Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022:

(4-3-3): Cahya Supriadi; Raka Cahyana, Muhammad Ferarri, Ahmad Rusadi, Edgar Amping; Dimas Juliono Pamungkas, Arkhan Fikri, Muhammad Rafli Asrul; Alfriyanto Nico, Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh.

(3-4-3): Cahya Supriadi; Raka Cahyana, Muhammad Ferrari, Kakang Rudianto; Raka Cahyana, Dimas Juliono, Arkhan Fikri, Edgar Amping; Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka, Alfriyanto Nico.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini