Share

5 Pemain Timnas Indonesia yang Melesat Kariernya Setelah Dipoles Indra Sjafri, Nomor 1 Bermain di Klub Eropa

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 51 2617659 5-pemain-timnas-indonesia-yang-melesat-kariernya-setelah-dipoles-indra-sjafri-nomor-1-lanjutkan-karier-di-eropa-IUx5o00YV7.jpg Berikut 5 pemain Timnas Indonesia yang melesat kariernya setelah dipoles Indra Sjafri (Foto: PSSI)

ADA 5 pemain Timnas Indonesia yang melesat kariernya setelah dipoles Indra Sjafri, akan dibahas dalam artikel ini. Sebagiamana diketahui, Indra Sjafri merupakan salah satu pelatih sukses yang pernah menangani Timnas Indonesia.

Pelatih 59 tahun itu pernah menangani Timnas Indonesia di tiga kelompok usia. Yaitu Timnas Indonesia U-16, U-19, dan U-22.

Dari tiga kelompok paling sukses karier Indra Sjafri bersama Timnas Indonesia U-19. Ketika itu, Timnas Indonesia U-19 berhasil menggondol trofi Piala AFF U-19 2013. Di saat bersamaan, muncul sejumlah pemain Timnas Indonesia U-19, yang mencuat ke publik.

Bahkan, sampai sekarang ini, para pemain tersebut memiliki karier yang menakjubkan. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud? Berikut 5 pemain Timnas Indonesia yang melesat kariernya setelah dipoles Indra Sjafri:

5. Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu

Selepas membela Timnas Indonesia U-19, karier Syahrian Abimanyu melesat dengan cepat. Pemain kelahiran Banjarnegara, 25 April 23 tahun silam ini, pernah bermain di sejumlah klub luar negeri, sebelum akhirnya kembali ke dalam negeri, bergabung dengan Persija Jakarta.

Sekadar diketahui, pemain berposisi gelandang ini pernah memperkuat klub Malaysia dan Australia. Di Malaysia, ia bermain bersama Johor Darul Tazim (2020-2022), setelah diboyong dari Madura United.

Kemudian, di tengah kariernya bersama Johor Darul Tazim, ia sempat dipinjamkan ke klub Australia, Newcastle pada awal 2021. Hebatnya, lagi, Syahrian Abimanyu juga pernah mencicipi latihan bersama klub Spanyol, ketika berseragam Levante junior pada awal kariernya.

4. Asnawi Mangkualam

Asnawi mangkualam

Kemudian ada Asnawi Mangkualam. Ya, pemain yang dikenal menempati posisi full back kanan ini memang memiliki daya juang besar.

Akan tetapi, sebelum dipoles Indra Sjafri, pemain yang kini membela klub divisi dua Korea Selatan, Ansan Greeners ini bermain sebagai seorang gelandang bertahan. Berkat polesan Indra Sjafri, Asnawi Mangkualam dipercaya Shin Tae-yong untuk menjaga kedalaman lini bertahan Timnas Indonesia sampai saat ini.

3. Evan Dimas

Evan Dimas

Selanjutnya, ada nama Evan Dimas. Gelandang bertahan satu ini memang sangat kental dengan Indra Sjafri. Bagaimana tidak, nama Evan Dimas meledak ketika berhasil juara Piala AFF U-19 2013 silam.

Evan Dimas dikenal memiliki visi bermain yang baik. Kebanyakan aliran bola permainan Indra Sjafri, dijalankan melalui Evan Dimas. Sebab demikian, ia pun sering disebut sebagai jenderal lapangan tengah Timnas Indonesia era Indra Sjafri.

2. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri

Dari sejumlah nama yang disebutkan sebelumnya, nama Egy Maulana Vikri cukup jadi sorotan. Bagaimana tidak, selepas menjalani akademi sepakbola di dalam negeri, Egy Maulana Vikri langsung berkarier di luar Indonesia.

Kehebatan Egy Maulana Vikri ini tak lepas dari sentuhan Indra Sjafri. Pelatih yang identik dengan kumis tebal itu menemukan bakat Egy Maulana Vikri, hingga disebut sebagai Lionel Messi-nya Indonesia.

Sejauh ini, Egy Maulana Vikri selalu bermain di luar negeri. Dua klub terakhir Egy Maulan Vikri pun berasal dari Eropa, yaitu Lechia Gdansk (Polandia) dan FK Senica (Slovakia).

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman

(Witan Sulaeman (kanan) bermain untuk Lechia Gdansk)

Meski tidak memiliki postur tinggi, nyatanya Witan Sulaeman mampu bersaing dengan pesepakbola lainnya. Bahkan, pemain 20 tahun ini bisa berkarier di Eropa sampai saat ini.

Tak jauh berbeda dari Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman pun merupakan sosok vital di barisan depan Timnas Indonesia. Kendati masih belia, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia kerap mempercayai Witan Sulaeman sebagai juru gedor utamanya.

Tak heran, pengalaman bermain di benua Eropa membuat Witan Sulaeman digadang-gadang sebagai bintang masa depan Timnas Indonesia. Sampai saat ini, Witan Sulaeman pun diketahui masih terikat kontrak dengan klub Polandia, Lechia Gdansk hingga Juni 2023 mendatang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini