Share

13 Pemain yang Paling Sering Digunakan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Ada Evan Dimas Sampai Elkan Baggott

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 23:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 51 2616449 13-pemain-yang-paling-sering-digunakan-shin-tae-yong-di-timnas-indonesia-ada-evan-dimas-sampai-elkan-baggott-nKIAvbKbEV.jpg Berikut 13 pemain yang paling sering digunakan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

SEBANYAK 13 pemain yang paling sering digunakan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Ya, seperti diketahui, Timnas Indonesia di bawah kendali Shin Tae-yong kerap mendulang banyak prestasi.

Salah satunya adalah lolosnya Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023. Berhasil bersaing dengan tiga negara Asia lainnya (Kuwait, Yordania, dan Nepal), Timnas Indonesia sukses menjadi runner up terbaik di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Di Grup A, Timnas Indonesia sukses mendulang enam poin dan memiliki selisih plus tujuh gol. Catatan ini tentu membuat Timnas Indonesia menjadi salah satu tim tersubur di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dari sekian banyak prestasi Timnas Indonesia, tak jarang Shin Tae-yong membongkar pasang pemainnya demi meracik tim terbaik. Namun, ada sejumlah pemain, yang kerap jadi pilihan utama Shin Tae-yong.

Lantas, siapa saja pemain tersebut? Berikut 13 pemain yang paling sering digunakan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia:

13. Elkan Baggott

Elkan Baggott

Pemain keturunan Inggris-Indonesia ini kerap mencuri perhatian Shin Tae-yong. Itu ditandai sejak ia bermain bersama Timnas Indonesia U-19. Setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Elkan Baggott selalu menjadi andalan Skuad Garuda.

Diketahui, sejak ia debut hingga berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2023, bek 19 tahun itu sudah memainkan 10 caps bareng Timnas Indonesia. Pemain yang belum lama ini memperpanjang kontrak dengan Ipswich Town itu sudah menyumbang dua gol bagi Timnas Indonesia.

12. Ramai Rumakiek

Ramai Rumakiek

Selanjutnya, ada Ramai Rumakiek. Winger 20 tahun yang membela Persipura Jayapura ini jadi salah satu tumpuan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Sebelum itu, Ramai Rumakiek juga sempat bermain di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan.

Ketika itu Timnas Indonesia menang 2-1. Ramai Rumakiek sendiri mencetak satu gol untuk Skuad Garuda. Sampai sejauh ini, ia diketahui sudah mencetak 12 caps untuk Timnas Indonesia

11. Rizky Ridho

Rizky Ridho

Sejak bermain di Timnas Indonesia U-19, nama Rizky Ridho terus mencuat. Pemain 20 tahun ini pun dipercaya Shin Tae-yong di barisan pertahanan Timnas Indonesia level senior. Bahkan, ketika Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu, Rizky Ridho tampak tergantikan di jantung pertahanan Timans Indonesia.

Diketahui, Rizky Ridho jadi salah satu pemain yang sering dipercaya Shin Tae-yong. Hal itu terlihat dari torehan 12 capsnya di Timnas Indonesia.

10. Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga

Pemain PSIS Semarang ini memiliki banyak kelebihan yang membuatnya dilirik oleh Shin Tae-yong. Alfeandra Dewangga dinilai mampu bermain dalam banyak peran dan posisi. Tercatat ia telah bermain sebanyak 13 laga dan 1.044 menit bersama Skuad Garuda.

9. Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata

Sosok Nadeo Argawinata sebagai kiper sepertinya tidak bisa tergantikan. Sejauh ini, Nadeo Argawinata telah bermain bersama Timnas Indonesia sebanyak 14 laga.

Kiper Bali United ini pun tampil impersif di Kualifikasi Piala Asia 2023. Belum lagi, ia penampilannya yang paling fenomenal adalah ketika menepis tendangan pemain Timnas Singapura, Faris Ramli di Piala AFF 2020 silam.

8. Evan Dimas

Evan Dimas

Pada awal kepelatihan Shin Tae-yong, Evan Dimas selalu dijadikan andalan pada lini tengah. Ia bahkan dipercayai untuk menjadi kapten Skuad Garuda.

Meski saat ini Evan Dimas belum lagi masuk ke dalam skuad Garuda, akan tetapi Shin Tae-yong cukup senang dengan kinerjanya. Hal itu tampak dari 16 caps serta 938 menit bermain dan lima gol dari Evan Dimas selama di bawah asuhan Shin Tae-yong.

7. Irfan Jaya

Irfan Jaya

Penampilan gila Irfan Jaya paling dikenang ketika di Piala AFF 2020 silam. Penyerang sayap Bali United ini mampu mencetak tiga gol dan dua assist selama di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Tak heran jika Shin Tae-yong terpukau. Sampai saat ini, Irfan Jaya tercatat telah bermain bersama Timnas Indonesia sebanyak 16 laga. Akan tetapi, performanya perlu ditingkatkan, lantaran posisinya mulai tergeser oleh Saddil Ramdani.

6. Fachruddin Aryanto

Fachruddin Aryanto

Fachruddin Aryanti jadi pemain paling senior di dalam Skuad Garuda saat ini. Akan tetapi, ia selalu bermain apik dalam setiap laga.

Sejak dipanggil pada Piala AFF 2020 ia memang selalu menjadi pilihan utama. Fachruddin Aryanto juga dipercaya menjadi seorang kapten Timnas Indonesia. Total sejauh ini, bek Madura United ini telah bermain sebanyak 16 laga dan mencetak 1 gol.

5. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman

Sejak Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman terus mendapatkan tawaran untuk bermain bersama Timnas Indonesia. Ia bahkan menjadi pencetak gol terbanyak pada era Shin Tae-yong. Tak hanya itu, Witan Sulaeman juga tercatat telah bermain sebanyak 17 laga dengan waktu 1.277 menit.

Selain itu pemain yang kini bermain untuk Lechia Gdnask ini sudah berkontribusi banyak bagi Timnas Indonesia. Dirinya tercatat sudah mengemas enam gol dan enam assist selama di Timnas Indonesia.

4. Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya jadi salah satu pemain, yang banyak mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia. Ia mulai dilirik oleh Shin Tae-yong, berkat penampilannya di Persebaya Surabaya.

Sebab demikian, Ricky Kambuaya selalu dijadikan sebagai pemain inti oleh Shin Tae-yong. Total ia telah memainkan 17 laga bersama Timnas Indonesia.

3. Asnawi Mangkualam

Asnawi mangkualam

Sejak awal, Shin Tae-yong memang menaruh perhatian lebih kepada Asnawi Mangkualam. Performa bermainnya memang apik, sehingga Asnawi Mangkualam pernah diberi kesempatan untuk menjadi kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Saat ini, dari 21 laga Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam telah bermain dalam 19 laga.

2. Pratama Arhan

Pratama Arhan

Di era Shin Tae-yong, nama Pratama Arhan selalu menjadi pilihan utama untuk mengisi posisi bek kiri. Pratama Arhan telah bermain sebanyak 19 laga untuk Timnas Indonesia.

Sampai saat ini, tercatat Pratama Argan telah bermain selama 1.543 menit di skuad Garuda. Bahkan, selama ini Pratama Arhan baru dua kali memulai permainan dari bangku cadangan.

1. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto

Tak jauh berbeda dari Pratama Arhan, gelandang Persib Bandung satu ini juga memicut hati Shin Tae-yong. Sampai saat ini, Rachmat Irianto diketahui sudah bermain sebanyak 19 laga bersama Timnas Indonesia.

Hebatnya, dari 19 caps bersama Timnas Indonesia, Rachmat Irianto sendiri sudah 18 kali menjadi pemain inti. Pemain 22 tahun ini pun mampu mencetak tiga gol sampai saat ini. Hal yang membuat Rachmat Irianto jadi pilihan utama di lapangan tengah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini