Share

Piala AFF U-19 2022: Diberi Menu Latihan Berat oleh Shin Tae-yong, Ini Respons Mengejutkan Jim Croque dan Kai Boham

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 05:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 51 2615757 piala-aff-u-19-2022-diberi-menu-latihan-berat-oleh-shin-tae-yong-ini-respons-mengejutkan-jim-croque-dan-kai-boham-5KSC8FNNgv.jpg Shin Tae-yong saat pimpin sesi latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya. (Foto: Maulana Yusuf/MNC Portal Indonesia)

DUA pemain keturunan asal Belanda, Jim Croque dan Kai Boham, kaget mendapat menu latihan yang berat dari pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Namun, mereka paham ini merupakan cara pelatih untuk meningkatkan kemampuan para pemain Timnas Indonesia U-19.

Shin Tae-yong memanggil 30 pemain untuk pemusatan latihan persiapan jelang Piala AFF U-19 2022 yang digelar di Jakarta-Bekasi pada 2-15 Juli 2022. Nantinya, Shin Tae-yong hanya memilih 23 pemain untuk tampil di ajang tersebut.

Shin Tae-yong

Timnas Indonesia U-19 pun menjalani sesi latihan perdana di Stadion Madya, Senayan pada Selasa 21 Juni 2022 sore WIB. Di sesi latihan tersebut, turut hadir tiga pemain keturunan asal Belanda yakni Jim Croque, Kai Davy Boham dan Max Christoffel.

Jim Croque mengatakan menu latihan di Timnas Indonesia U-19 amat berat, bahkan lebih berat dari menu latihan di Eropa. Menurut pemain Vitesse Arnheim U-18 itu, Shin Tae-yong lebih banyak menerapkan latihan tanpa bola dibanding dengan bola.

“Berbeda, lebih banyak tanpa bola. di belanda, hanya sekali sampai dua kali per minggu latihan berat. di sini lebih, latihan beratnya lebih banyak. Bagaimana cara press dan lainnya, banyak untuk membuat Anda lebih kuat,” kata Jim Croque kepada awak media di Stadion Madya, Senayan, Selasa 21 Juni 2022.

“Ia (Shin Tae-yong) pelatih yang bagus, benar-benar bagus. Ia tahu apa yang ia katakan. Saya tidak tahu dia bicara apa, tapi dia sangat bagus. Semua orang respek kepada dia,” tambah pemain berposisi penyerang ini.

Senada dengan Jim Croque, Kai Boham juga mengatakan menu latihan Shin Tae-yong lebih banyak menggenjot fisik daripada taktik. Pemain Almere City U-21 itu pun berharap bisa beradaptasi dengan menu latihan Shin Tae-yong yang lebih keras.

Shin Tae-yong

“Kalau di Eropa, lebih ditekankan taktiknya. Kalau di sini bisa dibilang yang digenjot adalah kekuatan, di sini kita latihan, latihan dan latihan terus, tapi di Eropa lebih ke taktik. Setiap pelatih punya gayanya masing-masing,” tutur Kai Boham.

“Saya harap bisa mengikuti gaya latihan di sini. Shin Tae-yong adalah pelatih yang sangat bagus. Dia baik dan saya merasa seperti di rumah. Shin Tae-yong menganggap saya seperti keluarga. Setelah ini saya berharap bisa bermain untuk Timnas Indonesia,” harap pemain berposisi bek tengah ini..

Kedua pemain itu dikonfirmasi tidak akan memperkuat Timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF U-19 2022 mendatang. Sebab, proses administrasi kewarganegaraan mereka belum rampung sehingga hanya bisa mengikuti sesi latihan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini