Share

Legenda Barcelona Samuel Etoo Dihukum Penjara 22 Bulan karena Penggelapan Pajak

Maulana Yusuf, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 51 2615558 legenda-barcelona-samuel-etoo-dihukum-penjara-22-bulan-karena-penggelapan-pajak-28RWrCJKU3.jpg Samuel Etoo terbukti bersalah atas kasus penggelapan pajak (Foto: Reuters)

KAMERUN – Kabar buruk datang dari Legenda Barcelona dan Inter Milan, Samuel Etoo. Dia dihukum penjara 22 bulan karena penggelapan pajak.

Selain dipenjara, eks pemain Timnas Kamerun tersebut juga menerima denda 1,8 juta euro atau sekitar Rp28 miliar. Perlu diketahui, Etoo kini menjabat sebagai Presiden Federasi Sepakbola Kamerun sehingga kasus ini cukup memalukan.

Samuel Eto'o (Foto: Istimewa)

Menurut laporan dari 90 Min, Selasa (21/6/2022), Etoo melakukan penggelapan pajak saat bermain untuk Barcelona, tepatnya pada rentang waktu 2006 hingga 2009. Hasil perbuatannya di masa lalu baru dituai sekarang.

“Samuel Etoo telah menerima hukuman penjara 22 bulan ditangguhkan dan denda lebih dari 1,8 juta euro untuk penghindaran pajak, meskipun bersikeras dia dimanipulasi oleh mantan agennya,” bunyi pernyataan 90 Min.

Selain itu, Eto'o juga wajib membayar pajak yang digelapkan nya sebesar 3,8 juta euro atau sekitar Rp59,2 miliar. Kasus ini tentu membuat publik sepakbola dunia tercengang.

Meski pemain asal Kamerun itu mengklaim dirinya tidak menyatakan, pendapatan yang berasal dari pengalihan hak citranya untuk mensponsori Puma dan Barcelona, pengadilan Spanyol memutuskan, bahwa Eto’o secara ilegal mengenakan pajak hak citra melalui dua perusahaan.

Sebelumnya, Etoo telah setuju untuk membayar dendanya. Namun, ia menuduh, bahwa mantan agennya, Jose Maria Mesalles, telah menyesatkannya. Jadi, ia terjerumus dalam penggelapan pajak tersebut.

Samuel Eto'o (Foto: FIFA)

Sementara itu, Mesalles juga terbukti terlibat dalam kasus ini. Ia turut dijatuhi hukuman kurungan penjara selama 12 bulan dan membayar denda sedikitnya di atas 900 ribu euro atau sekira Rp14 miliar.

Beruntungnya, karena Etoo dan Mesalles tidak memiliki catatan kriminal dan hukumannya di bawah dua tahun, sehingga hukuman penjara mereka ditangguhkan. Sebatas informasi, Etoo menghabiskan banyak waktunya di Spanyol dengan tampil untuk Leganes, Real Madrid, Espanyol, Mallorca dan Barcelona selama 12 tahun pertama kariernya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini