Share

5 Calon Penyerang Andalan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Nomor 1 Top Skor SEA Games 2019

Hakiki Tertiari , Okezone · Minggu 19 Juni 2022 05:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 19 51 2614082 5-calon-penyerang-andalan-timnas-indonesia-di-piala-asia-2023-nomor-1-top-skor-sea-games-2019-Itg1UgzNa7.jpg 5 calon penyerang andalan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 (Foto: Instagram/@ezrawalian)

ADA 5 calon penyerang andalan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang akan dibahas dalam artikel ini. Shin Tae-yong tampaknya harus banyak berbenah satu tahun ke depan guna mempersiapkan diri mengikut Piala Asia 2023.

Persoalan penyerang murni di Timnas Indonesia, jadi salah satu hal yang patut diperhatikan. Pasalnya, Shin Tae-yong kerap bermain tanpa striker murni yang punya naluri gol tinggi.

Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu, kerap mengandalkan penyerang sayap atau penyerang bertipikal pelari untuk mencetak gol. Memang penyerang tersebut ampuh menyuplai gol bagi skuad Garuda.

Akan tetapi, penyerang murni rasanya perlu diperhatikan. Apalagi, Timnas Indonesia bakal mentas di Piala Asia 2023, yang notabene para tim-tim kuat Asia bersaing demi jadi juara.

Berikut ini ada 5 calon penyerang andalan Timnas Indoonesia, yang bisa dijadikan opsi untuk Shin Tae-yong di Piala Asia 2023:

5. Dimas Drajad

Dimas Drajad

Dimas Drajad sejatinya dibawa oleh Shin Tae-yong di babak Kualifikasi Piala Asia 2023 silam. Akan tetapi, penyerang 25 tahun ini belum maksimal mengeluarkan kemampuannya. Hal itu terlihat dari koleksi satu gol ketika Timnas Indonesia melumat Nepal 7-0 di partai terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebab demikian, Shin Tae-yong punya pekerjaan rumah besar. Ya, pelatih 51 tahun itu harus bisa memoles Dimas Drajad dalam satu tahun ke depan, jika Shin tae-yong masih memberi kepercayaan kepada striker Persikabo 1973 ini.

4. Muhammad Rafli

Muhammad Rafli

Berikutnya ada Muhammad Rafli. Sama seperti Dimas Drajad, Muhammada Rafli juga diboyong Shin Tae-yong ke Kuwait untuk membela Timnas Indonesia di babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Akan tetapi, Shin Tae-yong juga mempunyai pekerjaan rumah berat untuk menggembleng Muhammad Rafli agar punya naluri mencetak gol yang tinggi. Pasalnya, selama bersama skuad Garuda, penyerang 23 tahun ini, lebih banyak menyuplai bola ketimbang mencetak gol.

Itu terbukti dari torehan dua assist selama bermain dua pertandingan di Kualifikasi Piala Asia 2023. Tapi, Muhammad Rafli punya keunggulan. Ya, striker Arema FC ini seharusnya sudah terbiasa dengan taktik Shin Tae-yong selama ini.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Ezra Walian

Ezra Walian

Selanjutnya ada Ezra Walian, yang bisa jadi opsi Shin Tae-yong untuk bermain di Piala Asia 2023. Striker keturunan Belanda-Indonesia ini mempunyai kemampuan yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Penyerang Persib Bandung ini pun pernah dipercaya Shin Tae-yong ketika Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2020 silam. Saat itu, Ezra diplot jadi striker utama dan berhasil menyumbang satu gol, ketika membekuk Singapura 4-2 di leg kedua Semifinal Piala AFF 2020.

2. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh

Berbicara striker, nama Ronaldo Kwateh tak boleh dilupakan. Ia merupakan wonderkid Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Meski baru 17 tahun, Shin Tae-yong cukup percaya dengan kemampuan Ronaldo Kwateh.

Hal itu terlihat dari kiprah Ronaldo Kwateh di Timnas Indonesia. Ia sudah menjajal Timnas Indonesia di tiga level berbeda. Mulai dari kelompok usia 19 tahun, 23 tahun, hingga senior.

Penyerang Madura United ini pun berkontribusi membawa Timnas Indonesia U-23 meraih perunggu SEA Games 2021. Terakhir, ia membantu Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2022.

1. Osvaldo Haay

Osvaldo Haay

Di urutan pertama, ada Osvaldo Haay, salah satu striker muda yang kini merumput bersama Persija Jakarta. Ya, Shin Tae-yong bisa memasukkan Osvaldo Haay jadi salah satu opsi untuk mengisi posisi penyerang.

Tentu nama Osvaldo Haay ini tak sembarangan muncul ke permukaan. Pasalnya, pemain 24 tahun ini memiliki rekam jejak yang baik. Dirinya pernah menjadi top skor dari Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019.

Ketika itu, Osvaldo Haay mencetak delapan gol. Bahkan, ia bersaing dengan penyerang Timnas Vietnam U-23, yaitu Ha Du Chinh dan Nguyen Tien Linh. Sayangnya, ketika itu skuad Garuda Nusantara harus puas pulang dengan medali perak.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini