Share

Karma Ayah Emil Audero, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Timnas Italia Gagal Melaju ke Piala Dunia 2022

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 22:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 51 2614040 karma-ayah-emil-audero-timnas-indonesia-lolos-ke-piala-asia-2023-timnas-italia-gagal-melaju-ke-piala-dunia-2022-y3q8i3KNGw.jpg Emil Audero Mulyadi, kiper Sampdoria keturunan Indonesia (Foto: Instagram/@emil_audero)

KEBERHASILAN Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 terus mendapat sorotan. Bukan hanya bikin bangga masyarakat Indonesia, lolosnya skuad Garuda ini seperti karma buat ayah Emil Audero Mulyadi, Edy Mulyadi, yang sempat meragukan Timnas Indonesia lolos Piala Asia.

Sebagaimana diketahui, pada November 2021 silam, Edy Mulyadi sempat meragukan kualitas Timnas Indonesia. Dirinya membandingkan prestasi Timnas Indonesia dengan Timnas Italia, yang dianggap kalah mentereng.

Edy Mulyadi

(Pernyataan Edy Mulyadi yang meragukan Timnas Indonesia)

Ketika itu Edy Mulyadi ragu dengan Timnas Indonesia. Bahkan, ia mengatakan bahwa anaknya, Emil Audero diyakini lebih memilih Timnas Italia ketimbang Timnas Indonesia, meski kiper Sampdoria itu punya darah Indonesia.

Edy Mulyadi sempat ditanya soal kemungkinan anaknya membela Timnas Indonesia. Namun, Edy Mulyadi dengan tegas mengatakan bahwa kemungkinan tersebut hanya mimpi di siang bolong.

Edy Mulyadi mengatakan bahwa sepak bola Indonesia minim prestasi. Atas alasan itulah dirinya tidak mengizinkan anaknya membela Timnas Indonesia.

โ€œKalau Emil mau menjadi pemain Piala Dunia, yang harus dia ambil ya di sana dong (Italia, red), orang kita (Indonesia, red) lolos Piala Asia aja enggak,โ€ kata Edy kala itu.

Menariknya, ucapan Edy Mulyadi lainnya juga bisa dibilang meleset. Edy Mulyadi menyebut bahwa Emil harus memilih membela Timnas Italia jika mau bermain di Piala Dunia.

Emil Audero

Faktanya, Timnas Italia belum tampil lagi di Piala Dunia sejak edisi 2014 silam. Parahnya lagi, Timnas Italia gagal lolos ke dua edisi Piala Dunia di tahun 2018 dan 2022.

Catatan tersebut bisa bertambah parah apabila Timnas Italia kembali gagal lolos ke Piala Dunia 2026, yang digelar di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Selain itu, ucapan Edy Mulyadi juga terasa berat bagi anaknya.

Pasalnya, saingan Emil Audero di Timnas Italia tidak mudah. Kiper 25 tahun itu harus bersaing dengan penjaga gawang sekelas Gianluigi Donnarumma, Alex Meret, atau Pierluigi Gollini.

Di sisi lain, Timnas Indonesia justru bisa membuktikan kualitasnya dengan lolos putaran final Piala Asia 2023. Timnas Indonesia lolos sebagai runner up terbaik, setelah berhasil menyapu dua kemenangan dari tiga laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pasukan Shin Tae-yong itu bisa membungkam salah satu tim unggulan, Kuwait dengan skor 2-1, yang notabene tuan rumah Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad Garuda pun mengggila dengan menghajar Nepal 7-0, meski sebelumnya kalah dari Yordania hanya dengan skor 0-1.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini