Share

Mendagri Prancis Geram, Sebut Fans Liverpool Dalang Utama Final Liga Champions 2021-2022 Sempat Ditunda

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Minggu 29 Mei 2022 23:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 29 261 2602229 mendagri-prancis-geram-sebut-fans-liverpool-dalang-utama-final-liga-champions-2021-2022-sempat-ditunda-XCqcGiT0Vo.jpg Mendagri Prancis sebut fans Liverpool dalang utama Final Liga Champions 2021-2022 sempat ditunda (Foto: Reuters)

FINAL Liga Champions 2021-2022 antara Liverpool kontra Real Madrid yang berlangsung pada Minggu (29/5/2022) dini hari WIB memang sudah berlalu. Namun, masyarakat pasti akan mengingat kejadian tertundanya laga penuh gengsi di benua Eropa tersebut.

Mengenai hal tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prancis, Gerald Darmanin menyebut tertundanya Final Liga Champions 2021-2022 akibat ulah fans Liverpool. Ia mengatakan penggemar Liverpool memaksa masuk ke dalam Stadion Stade de France yang berada di Kota Paris.

Liverpool vs Real madrid

Sebagaimana diketahui, Prancis memang jadi tuan rumah Final Liga Champions musim ini. Ditunjuknya Prancis merupakan dampak dari invasi militer Rusia ke Ukraina pada Februari silam.

Sebagai tuan rumah, Prancis mengharapkan bisa memberi kesan baik kepada seluruh pecinta sepakbola dunia. Namun, insiden tertundanya laga Liverpool vs Real Madrid, membuat geger para penggemar sepakbola dunia.

Pasalnya, pertandingan tersebut sempat mengalami penundaan selama 36 menit. Para penggemar Liverpool yang tidak memiliki tiket ingin menyaksikan pertandingan tersebut secara langsung di dalam stadion.

Oleh sebab itu, Gerald Darmanin pun buka suara. Ia mengatakan bahwa fans Liverpool menjadi dalang bagi kekacauan tersebut. Mereka pun juga disebut telah menyerang steward yang bertugas di stadion tersebut.

“Ribuan penggemar Inggris tanpa tiket atau dengan tiket palsu, telah memaksa masuk dan, kadang-kadang, menyerang steward," tulis Gerald Darmanin dalam Twitternya dilansir dari Metro, Minggu (29/5/2022).

Real Madrid

Hal senada juga dilontarkan oleh Menteri Olahraga Prancis, Amelie Oudea-Castera. Dirinya menyebut banyak penggemar The Reds (julukan Liverpool) tanpa tiket resmi yang telah memaksa masuk ke dalam stadion.

"Upaya penyusupan dan penipuan oleh ribuan penggemar Inggris telah memperumit pekerjaan para pelayan dan pasukan polisi, tetapi mereka tidak akan menodai kemenangan ini," tulisnya.

Pihak kepolisian Prancis pun menyebut bahwa banyak penggemar yang berhasil masuk ke dalam stadion dengan tiket palsu. Sementara beberapa penggemar dengan tiket yang sah disebut diminta suap oleh petugas agar mereka dapat masuk.

Akibat hal tersebut, kekacauan pun tidak terhindarkan. Pihak kepolisian setempat pun dikatakan melemparkan gas air mata kepada para penggemar Liverpool yang beberapa diantaranya merupakan anak-anak.

Terlepas dari semua kejadian itu, Real Madrid berhasil memastikan gelar Liga Champions ke-14. Mereka berhasil mengandaskan Liverpool 1-0 lewat gol tunggal Vinicius Jr pada menit ke-59.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini