Share

Alasan Jepang Bisa Jadi Timnas Terbaik di Asia

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2022 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 28 51 2601753 alasan-jepang-bisa-jadi-timnas-terbaik-di-asia-7MaCTDsWO0.jpg Berikut alasan Jepang bisa jadi timnas terbaik di Asia (Foto: Twitter/@afcasiancup)

ALASAN Jepang bisa jadi timnas terbaik di Asia, akan dibahas Okezone. Saat ini, Timnas Jepang adala salah satu yang terbaik di Asia.

Kehebatan Timnas Jepang terbukti dengan tidak pernah absen dari Piala Dunia sejak 1998. Meski belum pernah juara, Timnas Jepang membuktikan betapa berkualitasnya mereka dengan fakta tersebut. Okezone pun akan membahas alasan Jepang bisa jadi timnyas terbaik di Asia.

Alasan Jepang Bisa Jadi Timnas Terbaik di Asia

(Timnas Jepang saat beraksi, foto: Istimewa)

Kebangkitan Sepak Bola Jepang

Berakhirnya Perang Dunia II pada 1945 juga menandai dimulainya sepak bola Negeri Sakura. Usai kalah dalam Perang Dunia II, Jepang berusaha bangkit dengan membangun berbagai sisi kehidupan, termasuk olahraga, seperti sepak bola.

Pada 1950, Jepang pun bergabung dengan FIFA. Selang empat tahun setelahnya, Jepang bergabung dengan AFC.

Meski belum sehebat sekarang, Timnas Jepang mampu berprestasi juga pada masa itu. Samurai Biru membuat kejutan dengan merebut medali perunggu di Olimpiade 1968 Meksiko.

Lalu, pada era 1990-an, Jepang melakukan langkah besar dengan membenahi sepak bola mereka secara keseluruhan. Salah satu perubahan besar itu adalah pembubaran kompetisi semi-profesional Japan Soccer League pada 1991. Kompetisi itu diganti oleh J League yang pertama kali digelar pada 1993 silam.

Saat itu, untuk menarik animo penonton, pesepak bola kelas dunia semisal Zico, Gary Lineker hingga Dragan Stojkovic pun didatangkan. Kedatangan mereka menghidupkan antusias rakyat Jepang terhadap sepak bola yang sebelumnya kalah populer dari bisbol.

Perlahan Jadi Raja Asia dan Rutin Tampil di Piala Dunia

Prestasi Timnas Jepang turut terdongkrak secara perlahan dengan perubahan besar yang dilakukan sebelumnya. Saat menjadi tuan rumah Piala Asia 1992, Jepang pun keluar sebagai kampiun.

Alasan Jepang Bisa Jadi Timnas Terbaik di Asia

(Timnas Jepang saat beraksi, foto: Istimewa)

Selanjutnya, Timnas Jepang mengukir sejarah besar dengan lolos ke Piala Dunia 1998 yang digelar di Perancis. Sejak 1998 hingga sekarang, Timnas Jepang selalu lolos ke Piala Dunia.

Perlu diketahui, Timnas Jepang adalah tim dengan koleksi gelar Piala Asia terbanyak, yaitu empat. Usai juara pertama kali pada 1992, Jepang kembali menjadi yang terbaik pada 2000, 2004, dan 2011.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini