Share

5 Pemain Afrika di Liga Indonesia yang Pernah Tampil di Piala Dunia, Nomor 1 Pernah Bela Persib Bandung

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 16 Mei 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 15 49 2594511 5-pemain-afrika-di-liga-indonesia-yang-pernah-tampil-di-piala-dunia-nomor-1-pernah-bela-persib-bandung-kuXdZlMdEB.jpg 5 Pemain Afrika di Liga Indonesia yang Pernah Tampil di Piala Dunia. (Foto: Transfermarkt)

5 pemain Afrika di Liga Indonesia yang pernah tampil di Piala Dunia menarik untuk dibahas. Untuk yang belum tahu, ada banyak pemain asal Afrika yang memiliki pengalaman tampil di Piala Dunia, ternyata pernah bermain di Liga Indonesia.

Dengan pengalaman para pemain Afrika jebolan Piala Dunia itu, sejatinya mereka bisa bermain di Eropa. Namun, para pesepakbola asal Benua Afrika itu pada akhirnya sempat memilih bermain di Liga Indonesia. Lantas siapa saja mereka?

Berikut 5 Pemain Afrika di Liga Indonesia yang Pernah Tampil di Piala Dunia:

5. Roger Milla (Kamerun)

Roger Milla

Roger Milla namanya terkenal di era 90-an. Ia pernah mengikuti Piala Dunia 1990 dan Piala Dunia 1994 untuk membela Tim Nasional (Timnas) Kamerun.

Milla pun mengukir rekor manis di Piala Dunia karena menjadi pencetak gol tertua di ajang tersebut. Tepatnya Milla mencetak gol di usia 42 tahun.

Milla sendiri bermain di Indonesia pada musim 1994-1995 dengan membela Pelita Jaya. Lalu ia pun pindah ke Putra Samarinda di 1996.

4. Bertin Ebwelle (Kamerun)

Bertin Ebwelle pernah bermain untuk Persisam Putra Samarinda pada musim 1991-1992. Ia adalah seorang pemain fullback kiri yang menakutkan kala itu.

Dengan kehebatannya, tak heran jika Ebwelle masuk ke dalam skuad Timnas Kamerun pada ajang Piala Dunia 1990.

3. Peter Odemwingie (Nigeria)

Peter Odemwingie

Madura United pernah mendatangkan mantan pemain Stoke City, yakni Peter Odemwingie di musim 2017-2018. Pengalaman Odemwingie tak hanya bersama Stoke City, di Liga Inggris ia pun pernah merasakan bermain untuk Cardiff City dan West Brohwich Albion.

Odemwingie sendiri adalah pemain asal Nigeria. Ia adalah salah satu pemain andalan negaranya tersebut, jadi Odemwingie masuk ke dalam skuad Timnas Nigeria pada Piala Dunia 2010 silam.

2. Didier Zokora (Pantai Gading)

Didier Zokora

Zokora pernah bermain di Liga Indonesia dengan bergabung bersama Semen Padang pada 2017 silam. Sayangnya penampilan Zokora tak mencatatkan hasil manis lantaran dari 11 penampilannya, ia tak mencetak satu gol pun.

Padahal Zokora sendiri adalah pemain kelas dunia yang pernah berkarier di Tottenham Hotspur pada 2006-2009. Ia bahkan dipanggil Timnas Pantai Gading di tiga edisi Piala Dunia, yakni sewaktu Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014.

1. Michael Essien (Ghana)

Michael Essien

Pada 2017, Essien menghebohkan sepakbola Tanah Air dengan bergabung Persib Bandung. Essien sendiri dikenal sebagai pemain luar biasa, terbukti dengan pengalamannya bermain di klub-klub besar di Eropa.

Sebelum bermain di Persib, Essien dikenal sebagai gelandang hebat yang pernah bermain Real Madrid, AC Milan, dan Chelsea. Ia sendiri adalah pemain andalan Timnas Ghana dan bermain di Piala Dunia 2006.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini