Share

5 Pelatih Lokal yang Pernah Membuat Timnas Indonesia Disegani, Nomor 1 Juga Berprofesi sebagai Dokter Gigi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 04 Mei 2022 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 04 51 2589316 5-pelatih-lokal-yang-pernah-membuat-timnas-indonesia-disegani-nomor-1-juga-berprofesi-sebagai-dokter-gigi-rFx3TR5tuo.jpg Berikut 5 pelatih yang pernah membuat Timnas Indonesia disegani (Foto: AFF Suzuki Cup)

5 pelatih lokal yang pernah membuat Timnas Indonesia disegani, akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, selain ditangani pelatih asing, juru taktik lokal juga pernah menangani Timnas Indonesia.

Beberapa pelatih lokal bahkan mampu membuat Timnas Indonesia tampil apik. Berikut lima pelatih lokal yang pernah membuat Timnas Indonesia disegani:

5. Bertje Matulapelwa

5 Pelatih Lokal yang Pernah Membuat Timnas Indonesia Disegani

(Bertje Matulapelwa, foto: Istimewa)

Bertje Matulapelwa merupakan pelatih yang mengantarkan Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1987. Itu merupakan gelar perdana Timnas Indonesia di SEA Games. Di bawah asuhan Bertje Matulapelwa, permainan Timnas Indonesia sulit ditebak. Itu membuat Timnas Indonesia mampu mengukir prestasi.

4. Sinyo Aliandoe

5 Pelatih Lokal yang Pernah Membuat Timnas Indonesia Disegani

(Sinyo Aliandoe, foto: Istimewa)

Sinyo Aliandoe nyaris membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 1986 di Meksiko. Saat di kualifikasi Piala Dunia 1986, Sinyo Aliandoe secara mengejutkan sanggup membawa Timnas Indonesia mengungguli Thailand, India, dan Bangladesh di fase grup.

Sayang, langkah Timnas Indonesia terhenti oleh Korea Selatan. Pada leg I, Timnas Indonesia kalah 0-2 di kandang Korea Selatan. Timnas Indonesia lalu kalah 1-4 dari Korea Selatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Alhasil, Timnas Indonesia gugur karena kalah agregat 1-6 dari Korea Selatan.

3. Benny Dollo

5 Pelatih Lokal yang Pernah Membuat Timnas Indonesia Disegani

(Benny Dollo saat latih Sriwijaya FC, foto: Istimewa)

Benny Dollo tercatat tiga kali menangani Timnas Indonesia, mulai dari 2000-2001, 2008-2010, dan terakhir menjadi pelatih interim pada 2015. Bersama Timnas Indonesia, Benny Dollo mengantarkan Tim Garuda menjuarai Piala Kemerdekaan 2008 dan membawa Skuad Garuda lolos hingga semifinal Piala AFF 2008.

2. Rahmad Darmawan

5 Pelatih Lokal yang Pernah Membuat Timnas Indonesia Disegani

(Rahmad Darmawan saat latih Madura United, foto: Madura United)

Rahmad Darmawan merupakan salah satu juru taktil terbaik di Tanah Air saat ini. RD sempat membawa Timnas Indonesia U-23 meraih medali perak SEA Games 2011 dan 2013. Kini, Rahmad Darmawan membesut tim promosi RANS Cilegon FC di Liga 1 2022-2023.

1. Endang Witarsa

5 Pelatih Lokal yang Pernah Membuat Timnas Indonesia Disegani

(Endang Witarsa, foto: Istimewa)

Beberapa prestasi Timnas Indonesia diraih di bawah asuhan Endang Witarsa. Sebut saja, juara Kings Cup di Thailand pada 1968 dan Merdeka Games di Malaysia pada 1970.

Pemain-pemain legendaris Indonesia juga pernah dilatihnya, seperti Iswadi Idris dan Ronny Pattinasarani. Endang Witarsa dikenal memiliki tangan dingin untuk melahirkan pemain hebat. Uniknya, selain pelatih sepakbola, dia juga bergelar dokter gigi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini