Share

5 Pemain Timnas indonesia yang Bersinar di Era Peter Withe, Nomor 1 Legenda Hidup Persipura Jayapura

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 03 Mei 2022 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 51 2588688 5-pemain-timnas-indonesia-yang-bersinar-di-era-peter-withe-nomor-1-legenda-hidup-persipura-jayapura-X4B7BnjNV0.jpg Berikut lima pemain Timnas Indonesia paling bersinar di era Peter Withe (Foto: Istimewa)

PETER Withe adalah salah satu juru taktik yang pernah membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF pada edisi 2004. Juru taktik asal Inggris itu juga berjasa dalam mengorbitkan beberapa pemain muda ke Timnas Indonesia.

Dia juga dikenal berani karena pernah mencoret Bambang Pamungkas yang saat itu merupakan pemain bintang. Berikut lima pemain Timnas Indonesia yang bersinar di era Peter Withe:

BACA JUGA: 5 Pemain yang Meroket di Era Alfred Riedl, Nomor 1 Diidolai Banyak Kaum Hawa

5. Hamka Hamzah

Hamka Hamzah (Foto: Okezone)

Hamka Hamzah mulai mendapatkan sorotan dari publik Tanah Air berkat jasa Withe. Juru taktik asal Inggris itu memberi Hamka, yang saat itu masih muda, peluang untuk membela Timnas Indonesia.

Di leg II final Piala AFF 2004, Hamka bahkan main untuk Timnas Indonesia. Sayang, dia gagal mengantarkan Timnas Indonesia jadi juara karena kalah agregat 2-5 dari Singapura.

4. Ponaryo Astaman

Ponaryo Astaman (Foto: Instagram)

Ponaryo Astaman juga merupakan andalan di lini tengah Timnas Indonesia era Withe. Kepercayaan Withe kepada Ponaryo dibayar lunas oleh pria yang kini berstatus legenda sepakbola Indonesia itu.

Penampilan apik Ponaryo sayangnya tidak mampu mengantarkan Timnas Indonesia menjadi juara kala itu. Meski begitu, Ponaryo tetap dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah main untuk Timnas Indonesia.

3. Ilham Jaya Kesuma

Ilham Jayakesuma (Foto: AFP/Adek Berry)

Ilham Jayakesuma ada di posisi ketiga. Penyerang legendaris Timnas Indonesia ini juga melejit namanya pada era Withe.

Ilham menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia kala itu. Meski Timnas Indonesia gagal juara Piala AFF 2004, Ilham mampu menyabet gelar top skor berkat koleksi tujuh golnya.

2. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto (Foto: Sportku)

Posisi kedua ditempati oleh partner Ilham di lini depan Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto. Penyerang dengan julukan si Kurus itu menorehkan empat gol di Piala AFF 2004. Sebagai penyerang, Kurniawan salah satu yang terbaik dalam sejarah sepakbola Tanah Air.

1. Boaz Salossa

Boaz Salossa (Foto: Okezone)

Boaz Salossa menempati posisi pertama dalam daftar ini. Saat berumur 18 tahun, Boaz telah mencuri kepercayaan Withe pada waktu itu.

Boaz pun menjadi salah satu andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2004. Boaz bahkan bermain pada leg I final kontra Singapura meski berujung kekalahan telak 1-3.

Kepercyaan Withe kepada Boaz terbukti tepat. Sebab, legenda Persipura Jayapura itu masih eksis di sepakbola nasional meski kini sudah berumur 36 tahun.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini