Share

Shin Tae-yong Minta Paspor Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk Bela Timnas Indonesia, Hasani Abdulgani: Saya Bingung Harus Jawab Apa

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 51 2583440 shin-tae-yong-minta-paspor-jordi-amat-dan-sandy-walsh-untuk-bela-timnas-indonesia-hasani-abdulgani-saya-bingung-harus-jawab-apa-Kv4aifADMZ.jpg Sandy Walsh dan Jordi Amat diragukan bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: Instagram/@hasaniabdulgani)

ANGGOTA Exco PSSI, Hasani Abdulgani, mengaku bingung saat perwakilan Shin Tae-yong meminta paspor Jordi Amat dan Sandy Walsh sebagai persiapan tampil membela Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait pada 8-14 Juni 2022.

Sekadar diketahui, PSSI sedang mengurus naturalisasi tiga pemain keturunan. Mereka ialah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Hasani Abdulgani dan Shin Tae-yong

Namun, ada kendala dalam proses naturalisasi tiga nama di atas. Kemenkumham meminta kepada PSSI untuk menyertakan surat perwakilan dari negara asal tiga pemain tersebut, yakni Belanda (Sandy Walsh dan Shayne Pattynama) serta Spanyol (Jordi Amat).

Namun, ketika berkonsultasi dengan Kedutaan Besar Belanda di Belgia, mereka (pihak kedutaan) tidak melayani dan mengeluarkan surat seperti itu. Karena itu, proses naturalisasi tiga nama di atas masih menggantung sampai sekarang.

“Hai pak Hasani, bolehkah saya bertanya apakah sudah ada update tentang penerbitan paspor Indonesia untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat?,” tanya salah satu perwakilan Shin Tae-yong kepada Hasani, mengutip dari Instagram Hasani, @hasaniabdulgani.

“Kami telah mulai mengerjakan pendaftaran awal pemain untuk kualifikasi Piala Asia AFC yang akan dimainkan di Kuwait awal Juni. Kami berharap mendapat update dari Anda. Terima kasih,” lanjut pernyataan di atas.

Seperti yang sudah dibahas di atas, Hasani Abdulgani bingung harus menjawab apa. Sebab, ia paham proses naturalisasi masih rumit dan berbelit.

Jika tak segera rampung, Jordi Amat dan kawan-kawan otomatis absen membela Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Padahal, tenaga Sandy Walsh dan kawan-kawan sangat dibutuhkan skuad Garuda.

Sandy Walsh dan Jordi Amat

Sebab, Timnas Indonesia tergabung di grup keras, yang mana berisikan tuan rumah Kuwait, Yordania dan Nepal. Berhadapan dengan tim-tim militan seperti di atas, Timnas Indonesia membutuhkan pertahanan yang kukuh.

Pertahanan rapat itu bisa didapatkan dari Sandy Walsh dan kawan-kawan. Karena itu, harapannya pemerintah Indonesia dapat berakselerasi maksimal supaya Timnas Indonesia dapat mencapai target, yakni lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Di babak kualifikasi nanti, hanya juara grup yang lolos otomatis ke putaran final Piala Asia 2023. Sementara itu, dari enam runner-up, hanya lima di antaranya yang dinyatakan lolos ke Piala Asia 2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini