Share

Liverpool dan Manchester City Lolos Semifinal Liga Champions 2021-2022, Dua Pelatih Ini Torehkan Rekor Baru

Cikal Bintang, Jurnalis · Kamis 14 April 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 261 2578758 liverpool-dan-manchester-city-lolos-semifinal-liga-champions-2021-2022-dua-pelatih-ini-torehkan-rekor-baru-LJi3IaKUCg.jpg Liverpool dan Manchester City lolos ke semifinal Liga Champions 2021-2022 (Foto: Reuters)

DUA pelatih yang sama-sama berkiprah di Liga Inggris sukses mencatatkan rekor baru di Liga Champions musim ini. Kedua pelatih tersebut adalah Josep Guardiola, juru taktik Manchester City dan Jurgen Klopp, arsitek tim Liverpool.

Sebagaimana diketahui, Liverpool dibawah kendali Jurgen Klopp berhasil menembus semifinal Liga Champions 2021-2022. The Reds (julukan Liverpool) lolos setelah menang agregat 6-4 dari Benfica di perempatfinal Liga Champions.

Jurgen Klopp

Sementara itu, Pep Guardiola (saapn akrab Josep Guardiola) berhasil meraih semifinal keduanya di dua edisi Liga Champions secara beruntun. Catatan ini dirah setelah The Citizens (julukan Manchester City) menyingkirkan Atletico Madrid dengan agregat 1-0.

Kesuksesan itu membuat Pep Guardiola dan Jurgen Klopp berhasil mencetak rekor baru. Dikutip dari Opta Joe pada Kamis (14/4/2022), kedua pelatih ini berhasil membukukan rekor individu berbeda.

Jurgen Klopp berhasil menambah daftar pelatih asal Jerman yang menembus empat semifinal Liga Champions sepanjang sejarah. Sementara, Pep Guardiola menjadi pelatih yang berhasil mentas di semifinal Liga Champions terbanyak sepanjang masa.

Jurgen Klopp jadi pelatih ketiga berdarah Jerman, setelah Jupp Heynckes dan Ottmar Hitzfeld yang mencapai empat semifinal Liga Champions. Jika dirinci, Jurgen Klopp berhasil mencatatkan satu semifinal bersama Borussia Dortmund dan tiga lainnya bersama Liverpool.

Dari ketiga semifinal sebelumnya, Jurgen Klopp selalu berhasil mencapai babak final. Namun, hanya satu final, yang berhasil dimenangkan olehnya. Ya, pelatih 54 tahun itu pernah mengantar Liverpool juara pada 2019 usai mengandaskan Tottenham Hotspur di final.

Ateltico vs Man City

Sementara itu, apik juga diraih Pep Guardiola. Ia menjadi pelatih dengan catatan semifinal Liga Champions terbanyak. Sepanjang karier kepelatihannya, Pep Guardiola sudah berhasil membukukan sembilan semifinal bersama tiga klub berbeda.

Tiga klub itu adalah Barcelona, Bayern Munich, dan Manchester City. Jika dirinci, Pep Guardiola berhasil mencatatkan empat semifinal bersama Barcelona.

Kemudian tiga bersama Bayern Munich. Sementara dua lainnya dengan Manchester City, ini pun diraih secara dua musim beruntun.

Kedua pelatih itu akan kembali unjuk gigi di semifinal Liga Champions 2021-2022. Pasukan Jurgen Klopp akan berhadapan vs Villarreal. Sementara tim besutan Pep Guardiola bakal menjamu Real Madrid. Semifinal leg pertama sendiri berlangsung pada 27 April 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini