Share

Mohammad Hashemzadeh dan Alexandre Polking Miliki Kesamaan, Pertanda Timnas Futsal Indonesia Juara Piala AFF Futsal 2022?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 51 2574006 mohammad-hashemzadeh-dan-alexandre-polking-miliki-kesamaan-pertanda-timnas-futsal-indonesia-juara-piala-aff-futsal-2022-SsfHpHAkdq.jpg Mohammad Hashemzadeh berrpotensi bawa Timnas Futsal Indonesia juara Piala AFF Futsal 2022. (Foto: MNC Media)

PELATIH Timnas Futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh, ternyata memiliki kesamaan dengan juru taktik Timnas sepakbola Thailand, Alexandre Polking. Kesamaan yang dimaksud adalah, meski persiapan singkat tapi keduanya sama-sama memberikan hasil maksimal bagi kedua tim.

Kita mulai bahas dari Alexandre Polking. Juru taktik asal Brasil ini baru ditunjuk sebagai pelatih Thailand pada 28 September 2021. Hal itu berarti, Alexandre Polking ditunjuk hanya 1,5 bulan sebelum Piala AFF 2020 bergulir di Singapura.

Alexandre Polking

(Alexandre Polking bawa Thailand juara Piala AFF 2020)

Bahkan karena mepetnya persiapan, Thailand tak sempat melakoni uji coba sebelum turun di Piala AFF 2020. Laga pertama Polking memimpin Thailand adalah saat bersua Timor Leste di matchday pembuka Grup A Piala AFF 2020.

Meski masih meraba-raba tim, juru taktik keturunan Jerman itu masih sanggup mengantarkan Thailand menang 2-0 atas Timor Leste. Ternyata tak sampai di situ hasil positif yang ditunjukkan Polking kepada Thailand.

Ia mengantarkan Thailand sebagai juara grup setelah menyapu bersih empat laga Grup A dengan kemenangan, termasuk membungkam tuan rumah Singapura 2-0. Kemudian di semifinal, Thailand racikan Polking ditantang juara bertahan Vietnam.

Setelah melalui dua pertandingan, Thailand menang agregat 2-0 atas Vietnam! Ketangguhan itu terus berlangsung di puncak, yang mana Thailand menang agregat 6-2 atas Indonesia.

Sementara itu, Mohammad Hashemzadeh ditunjuk sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia pada Sabtu, 12 Maret 2022. Hal itu berarti, ia ditunjuk sebagai pelatih Timnas Futsal kurang dari satu bulan sebelum penyelenggaraan Piala AFF Futsal yang bergulir di Thailand pada 2-10 April 2022.

Namun, Mohammad Hashemzadeh pelan-pelan mencoba memahami karatkter pemain-pemain Indonesia dan mengejewantahkannya ke strategi apik. Hasilnya luar biasa, dalam dua laga awal Grup A Piala AFF Futsal 2022, Timnas Futsal Indonesia menang 12-0 atas Brunei Darusalam dan menghajar Malaysia 5-1.

Kemudian, Timnas Futsal Indonesia bermain 2-2 kontra tim tersukses di Piala AFF Futsal sekaligus langganan tampil di Piala Dunia, Thailand. Bahkan Timnas Futsal Indonesia sempat unggul 2-0 lebih dulu sebelum disamakan.

Mohammad Hashemzadeh

(Mohammad Hashemzadeh siap dongkrak prestasi Timnas Futsal Indonesia).

Koleksi tujuh poin sama persis dengan Thailand di puncak klasemen Grup A Piala AFF Futsal 2022. Thailand berada di puncak klasemen karena unggul selisih gol atas Timnas Futsal Indonesia, yakni +29 berbanding +16.

Setelah melalui tiga pertandingan, Thailand dan Indonesia berada di posisi satu dan dua dengan tujuh poin. Menyusul Malaysia di posisi tiga dengan enam poin. Di laga pamungkas, Thailand dan Malaysia bakal saling bentrok pada sore ini pukul 17.00 WIB.

Karena itu, Timnas Futsal Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke semifinal Piala AFF Futsal 2022 saat bertemu Kamboja di laga pamungkas pada hari ini, Rabu (6/4/2022) pukul 15.00 WIB.

Tampil di babak semifinal yang berlangsung pada Jumat, 8 April 2022, otomatis memperbesar peluang Timnas Futsal Indonesia lolos ke Piala Asia Futsal 2022. Sekadar diketahui, tim yang finis di posisi satu, dua dan tiga Piala AFF Futsal 2022 bakal lolos ke Piala Asia Futsal 2022 yang digelar di Kuwait pada 25 September hingga 20 Oktober 2022.

Meski begitu, tak sekadar lolos ke Piaal Asia Futsal 2022, berhasrat memenangkan trofi Piala AFF Futsal 2022 bukanlah mimpi di siang bolong bagi Timnas Futsal Indonesia. Karena itu, menarik menanti racikan Mohammad Hashemzadeh di sisa Piala AFF Futsal 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini