Share

Jadi Tersangka Pengaturan Skor, Bambang Suryo Siap Beberkan Nama-Nama yang Terlibat

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 23:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 49 2559124 jadi-tersangka-pengaturan-skor-bambang-suryo-siap-beberkan-nama-nama-yang-terlibat-kROf8qQBqm.jpg Bambang Suryo ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pengaturan skor. (Foto: Avirista Midaada/MPI)

MALANG - Kuasa hukum Bambang Suryo, Agustian Siagian menyebut kliennya siap buka-bukaan setelah menjadi tersangka kasus pengaturan skor. Agustian mengaku sudah mendapatkan beberapa dokumen penting dari Bambang yang berisikan nama-nama pihak yang terlibat dalam pengaturan skor di sepakbola Indonesia.

Ya, dokumen itu berisi puluhan nama-nama yang diduga kuat pernah terlibat melakukan pengaturan skor di kompetisi persepakbolaan Indonesia. Pengaturan skor yang ada terjadi diduga mulai kompetisi kasta tertinggi persepakbolaan Indonesia hingga yang terendah di Liga 3.

Agustian Siagian pun menyatakan, puluhan nama itu dikumpulkan ke dalam sebuah dokumen cetak sebanyak dua halaman. Dokumen itu diserahkan ke dirinya berisikan nama-nama siapa saja yang pernah bekerja dengannya.

Bambang Suryo

"Saya sudah diberikan daftar nama ada dua lembar ada puluhan nama yang muncul itu ada berbagai latarbelakang. Orang-orang yang pernah terlibat sama pak BS, selama jadi runner itu nama-nama tersebut yang terlibat," kata Agustian Siagian, kepada MNC Portal di Kota Malang melalui telepon, Rabu (9/3/2022).

Menariknya disebutkan Agustian, puluhan nama itu berasal dari beragam latar belakang mulai dari pengurus PSSI, pihak klub, hingga pejabat pemerintahan, yang kerap kali diduga mengatur skor mulai dari kompetisi Liga 1 hingga Liga 3.

"Itu semua liga (Liga 1 - Liga 3), (untuk pengurus PSSI) ada tapi kita nggak mau menyebutkan," katanya.

Meski demikian, kini dokumen nama-nama itu disebutnya belum diserahkan ke kepolisian. Namun nantinya suatu saat pihaknya bakal menyerahkan dokumen khusus yang cukup rahasia itu.

"Diberikan BS daftar namanya saja, artinya setelah BS masuk dalam penjara nanti akan bagaimana. Nama-nama itu diserahkan ke saya untuk saya simpan dulu, nggak tahu nanti kapan saya keluarkan," tukasnya.

Sebagai informasi dugaan pengaturan skor menyeretn Bambang Suryo berawal dari laporan pemilik klub Liga 3 Gresik Putra Paranane, Zha Eka Wulandari pada 15 November 2021 lalu. Zha melaporkan dua pemain dan satu official tim kitman ke Asprov PSSI Jawa Timur.

Pasalnya dua pemain dan satu kitman ini diduga menerima suap dari Bambang Suryo dan Ferry. Setelah mengumpulkan bukti Ketua Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Jatim melaporkan kasus ini ke Polda Jatim, pada 22 November 2021 lalu.

Dari hasil penyelidikan akhirnya polisi menetapkan lima orang tersangka. Kelimanya yakni DYPN, IM, FA, dan HP dijerat Pasal 2 UU Tindak Pidana Suap juncto Pasal 55 KUHP.

Tentu menarik melihat bagaimana kelanjutan kasus dugaan pengaturan skor tersebut. Menarik menantikan apakah Bambang Suryo akan membuat heboh dengan membocorkan nama-nama lain?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini