Share

Media Malaysia Singgung Shin Tae-yong Andalkan Pemain Keturunan, Sebut Kim Pan-gon Tak Bergantung Naturalisasi

Basudiwa Supraja, MNC Portal · Sabtu 19 Februari 2022 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 19 51 2549711 media-malaysia-singgung-shin-tae-yong-andalkan-pemain-keturunan-sebut-kim-pan-gon-tak-bergantung-naturalisasi-p1emTojTY0.jpg Pelatih Malaysia, Kim Pan-gon (Foto: Yonhap)

PERBEDAAN gaya dua pelatih Korea Selatan, Shin Tae-yong dan Kim Pan-gon di kancah sepakbola Asia Tenggara amat terasa. Kim Pan-gon sebagai juru taktik baru di Timnas Malaysia saat ini tampak enggan bergantung dengan pemain keturunan atau naturalisasi.

Hal itu disebutkan salah satu media Malaysia, Makan Bola. Dalam artikelnya menyatakan bahwa Kim Pan-gon akan memilih pemain berdasarkan kinerja dan talenta yang dimiliki.

Shin Tae-yong

Ia tidak menjamin pemain naturalisasi otomatis masuk ke skuadnya, meski dirinya punya target untuk membawa Timnas Malaysia ke kancah dunia.

“Saya tidak melihat status pemain apakah dia pemain lokal, keturunan atau pemain naturalisasi. Saya akan memilih pemain berdasarkan kinerja dan juga aplikasi taktis yang akan saya terapkan ke tim,” ungkap Kim Pan-gon, dikutip dari Makan Bola, Sabtu (19/2/2022).

Secara tidak langsung, hal tersebut menyinggung cara Shin Tae-yong yang saat ini tengah gencar membidik pemain keturunan untuk Timnas Indonesia. Terlebih Shin tae-yong juga sempat mengatakan bahwa skuad Garuda kekurangan penyerang tengah.

Sebelumnya terdapat empat pemain keturunan yang telah diajukan oleh Shin Tae-yong, agar cepat menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Kevin Diks.

Namun, sejauh ini Shin Tae-yong baru mendapat dua pemain yang prosesnya hampir rampung, yaitu Sandy Walsh dan Jordi Amat. Sedangkan Mees Hilgers dan Kevin Diks harus terbentur oleh alasan keluarga.

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong masih memiliki satu harapan pemain, yaitu sosok Tijani Reijnders. Meskipun kabar terakhir menyebut saat ini sang pemain belum berminat untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Namun, Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) akan tetap mengusahakan itu.

Hal tersebut menjadi pekerjaan besar bagi Shin Tae-yong untuk membangun skuad Garuda jelang rentetan turnamen tahun ini. Terdekat, Timnas Indonesia akan melakoni Kualifiakasi Piala Asia 2023, yang berlangsung 8-14 Juni mendatang.

Kendati demikian, Indonesia sejatinya tidak kehabisan stok pemain muda berbakat. Ronaldo Kwateh menjadi salah satu harapan bagi Shin Tae-yong sebagai opsi penyerang tengah, meski usianya masih terlampau muda. Namun, penampilannya cukup mengesankan sejauh ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini