Share

Shin Tae-yong Gencar Naturalisasi Pemain, Ini Pandangan Pelatih Timnas Malaysia soal Hal yang Sama

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Jum'at 18 Februari 2022 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 51 2549375 shin-tae-yong-gencar-naturalisasi-pemain-ini-pandangan-pelatih-timnas-malaysia-soal-hal-yang-sama-SF0dNrf1gy.jpg Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon. (Foto: Instagram/famalaysia)

KUALA LUMPUR – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Malaysia, Kim Pan-gon memiliki pandangan yang berbeda dengan Shin Tae-yong terkait pemilihan skuad terhadap tim yang sedang dilatih. Jika Shin Tae-yong gencar melakukan naturalisasi pemain untuk menutupi kekurangan Timnas Indonesia, maka Kim Pan-gon justru memilih siapa pun pemain yang masuk kriterianya.

Menurut pandangan Kim Pan-gon, ia tidak peduli pemain tersebut pesepakbola asli Malaysia ataupun pemain naturalisasi. Baginya yang terpenting dalam pemilihan skuad adalah prestasi pemain tersebut dan seberapa sanggup sang pemain masuk ke dalam gaya permainannya.

Jadi, Kim Pan-gon akan berusaha semaksimal mungkin memilih pemain-pemain terbaik Malaysia untuk membela tim Harimau Malaya. Namun, pernyataan Kim Pan-gon itu juga bisa diartikan ia pun tak menyalahkan program naturalisasi.

Kim Pan-gon (Yonhap)

Sebab jika pada akhirnya ada banyak pemain naturalisasi Malaysia yang cocok dengan gaya permainannya, maka bisa jadi ia akan fokus dengan para pemain tersebut. Sebab kuncinya ada di seberapa mampu sang pemain menerapkan strategi permainan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

“Saya tidak melihat status pemain apakah dia pemain lokal, warisan atau pemain naturalisasi (terkait pemilihan skuad untuk Timnas Malaysia,” dikutip dari media Malaysia, Makanbola, Jumat (18/2/2022).

“Saya akan memilih pemain berdasarkan kinerja dan juga aplikasi taktis yang akan saya terapkan ke tim,” tambah pelatih yang baru saja ditunjuk menangani tim berjuluk Harimau Malaya tersebut.

Untuk itulah, tugas pertama Kim Pan-gon saat ini memantau sejumlah pemain yang dikira layak masuk ke dalam skuadnya. Ia pun sudah dijadwalkan untuk melihat aksi para pemain Malaysia yang tampil di liga lokal yang akan dimulai Maret mendatang.

Shin Tae-yong bersama Menpora Zainudin Amali

Kim Pan-gon sendiri optimis bisa memberikan segalanya untuk memastikan keinginan para pendukungnya Timnas Malaysia bisa terwujud, terutama dalam mengembalikan kejayaan sepakbola Malaysia.

Untuk bisa mencapai hal itu tentu Kim Pan-gon tahu tidaklah mudah. Namun, ia cukup percaya diri bisa melakukannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini