Share

Hasil Timnas Indonesia vs Timor Leste: Menang 3-0, Skuad Garuda Geser Singapura dari Ranking 160 FIFA

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 30 Januari 2022 20:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 30 51 2540171 hasil-timnas-indonesia-vs-timor-leste-menang-3-0-skuad-garuda-geser-singapura-dari-ranking-160-fifa-3MLF6VvT9Z.jpg Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

GIANYAR – Tim Nasional (Timnas) Indonesia memetik kemenangan 3-0 atas Timor Leste di laga FIFA Matchday pada Minggu (30/1/2022) malam WIB. Berkat hasil manis itu, skuad Garuda lantas berhasil menggeser Singapura dari ranking 160 FIFA.

Kemenangan pasukan Shin Tae-yong dipersembahkan oleh Terens Owang Puhiri yang mencetak gol di menit kelima dan Ramai Rumakiek di menit 41. Lalu satu gol tambahan diciptakan oleh Ricky Kambuaya yang mencatatkan namanya pada menit 72.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Indonesia berhasil unggul cepat di laga tersebut. Bagaimana tidak, ketika laga baru berjalan lima menit, skuad Garuda langsung bisa merayakan gol berkat sumbangsih dari Terens Owang Puhiri.

Berawal dari umpan Ricky Kambuaya, Terens memberikan Timnas Indonesia keunggulan dengan cepat. Setelah itu Timnas Indonesia mampu mendominasi, namun masih kesulitan mencetaka gol.

Timnas Indonesia vs Timor Leste

Beberapa peluang sejatinya mampu tercipta. Namun buruknya penyelesaian akhir dari skuad asuhan Shin Tae-yong itu membuat skor masih tertahan 1-0.

Skuad Garuda baru bisa menambah keunggulan ketika laga babak pertama ingin berakhir. Tepatnya di menit ke-41, Ricky Kambuaya lagi-lagi menjadi aktor terciptanya gol untuk Timnas Indonesia.

Berawal dari umpan Ricky, Ramai Rumakiek mampu melepaskan tendangan yang luar biasa kencang. Ia menendang bola dari luar kotak penalti, dikawal tiga pemain, dan posisi kiper Timor Leste berada di tiang terdekat, tapi bola yang kencang pada akhirnya merobek jala gawang tim lawan.

Tak lama babak pertama berakhir dan Timnas Indonesia unggul 2-0 atas Timor Leste untuk sementar waktu.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong tak melalukan pergantian pemain seperti yang dilakukannya di pertemuan pertama melawan Timor Leste beberapa hari yang lalu. Keunggulan yang kini sudah dikuasai Timnas Indonesia tampaknya menjadi alasannya.

Sementara Timor Leste memilih langsung memainkan tiga pemain baru di awal babak kedua. Setelah itu, tiga pemain lainnya pun ikut masuk agar memperkuat Timor Leste di babak kedua tersebut.

Kendati demikian, Timnas Indonesia justru dapat menambahkan keunggulan. Kali ini giliran Ricky Kambuaya yang berhasil menjebol gawang Timor Leste.

Memperlihatkan aksi individu, Ricky berlari dan sanggup melepaskan tendangan yang ternyata tak bisa diantisipasi kiper Timor Leste. Alhasil pada menit ke-72, Timnas Indonesia unggul 3-0.

Di sisa waktu yang ada, sejumlah peluang emas masih terus tercipta. Bahkan Marselino Ferdinan hampir mencetak gol perdana untuk Timnas Indonesia jika saja tendangannya tak ditepis oleh kiper Timor Leste.

Tak lama wasit meniupkan peluit panjang dan Timnas Indonesia berhasil menang 3-0 atas Timor Leste.

Berikut Susunan Pemain:

Indonesia XI (4-3-3): Nadeo Argawinata; Bayu Fiqri, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, Ramai Rumakiek, Ronaldo Kwateh, Terens Puhiri

Pelatih: Shin Tae-yong

Timor Leste XI: Junildo Manuel; Tomas Jesus, Joao Dos Santos, Jaimito Antonio, Joao Bosco, Yohanes Paulus, Dom Lucas Martins, Mouzinho, Zenivio Morientes, Elias Da Costa, Paulo Gali Freitas

Pelatih: Fabio Magrao

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini