Share

Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2028, Italia Fokus Perbaiki Stadion

Tino Satrio, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 51 2538599 calonkan-diri-jadi-tuan-rumah-piala-eropa-2028-italia-fokus-perbaiki-stadion-gT9155OYkw.jpg Italia berniat menjadi tuan rumah Piala Eropa 2028. (Foto: Laman resmi FIGC)

ROMA - Presiden Federasi Sepakbila Italia (FIGC), Gabriele Gravina memastikan bahwa negara mereka berniat untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2028 atau 2032. Untuk bisa mewujudkan itu semua, FIGC fokus mempersiapkan segala hal, termasuk memperbaiki infrastruktur seperti stadion lokasi pertandingan.

Melansir dari Football Italia, Kamis (27/1/2022), keputusan tersebut diambil sebagai langkah untuk pemicu merenovasi stadion-stadion ternama di Italia. Mengingat, masih banyak waktu untuk merenovasi stadion mereka yang dikatakan krisis.

FIGC pun akan menghadap langsung ke komite eksekutif UEFA untuk memuluskan pencalonan tersebut. Niatnya, FIGC akan bertemu dan mempresentasikan proposal mereka untuk diajukan pada 20 Maret mendatang.

Logo FIGC

"Langkah yang menentukan untuk Piala Eropa 2028 adalah pada bulan Maret dan kami akan mempresentasikan pencalonan kami di hadapan komite Eksekutif UEFA pada 20 Maret, yang juga terbuka untuk 2032," kata Gravina dikutip dari Football Italia, Kamis (27/1/2022).

Jelang mempresentasikan diri, FIGC mengaku masih mengevaluasi beberapa berkas, rencana, hingga persiapannya. Mereka sangat serius dalam pencalonan sebagai tuan rumah karena sedang berambisi untuk melakukan renovasi infrastruktur stadion dengan skala besar.

"Kami akan mengevaluasi satu dari dua opsi. Kami akan melakukannya dengan serius, karena ada keinginan besar untuk pembaruan infrastruktur, misalnya di Florence, Cagliari, Bologna, dan Bari," tuturnya.

Proyek pembaruan infrastruktur tersebut sejatinya sudah direncanakan dari beberapa tahun lalu. Namun, proyek tersebut terus terhambat karena birokrasi ekstrim politik regional Italia yang dikabarkan tidak sejalan atau tak mendukung.

Timnas Italia saat juara Piala Eropa 2020

Pasalnya, renovasi pada sebagian besar stadion yang digunakan di Liga Italia itu terakhir kali pada dua dekade silam. Ya, perombakan di sejumlah stadion Negeri Pizza itu terjadi saat mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia 1990 lalu.

FIGC sangat berharap bisa mendapat suntikan dana yang bagus dan menyelesaikan proyek ini tepat waktu seperti yang sudah ditargetkan. Mereka sangat ingin menjadi tuan rumah di Piala Eropa 2028 atau setidaknya tahun 2032.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini