Media Malaysia Dorong Shin Tae-yong Andalkan Pemain Lokal ketimbang Naturalisasi di Timnas Indonesia, Takut Dibantai?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 51 2532050 media-malaysia-dorong-shin-tae-yong-andalkan-pemain-lokal-ketimbang-naturalisasi-di-timnas-indonesia-takut-dibantai-kjnDjG5FAv.jpg Shin Tae-yong didorong andalkan pemain lokal ketimbang naturalisasi oleh media Malaysia. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

MEDIA Malaysia, Semuanyabola, mendorong Shin Tae-yong terus mengandalkan pemain lokal ketimbang menaturalisasi pemain. Apakah ini pertanda Malaysia takut jika Timnas Indonesia dipenuhi pemain keturunan?

“Mungkin ada sesuatu yang dapat dipelajari Malaysia, khususnya FAM dari Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong soal pemain naturalisasi,” tulis semuanyabola dalam artikel berjudul ‘Orang Indonesia Lebih Bangga jika Skuad Garuda Dihuni Banyak Pemain Lokal’.

Shin Tae-yong

“Shin Tae-yong mengaku senang dengan anggota skuadnya sekarang. Timnas Indonesia diprediksi bisa tampil lebih matang dalam dua atau tiga tahun ke depan, sekaligus menjadi kekuatan utama di Asia Tenggara,” lanjut semuanyabola.

Sekadar informasi, Shin Tae-yong memang menyukai pemain lokal. Jika pun ingin menaturaliasi pemain, Shin Tae-yong memilih pesepakbola yang memiliki darah Indonesia.

Terbukti empat pemain keturunan yang sedang dalam proses naturalisasi semuanya memiliki darah Indonesia. Mereka ialah Sandy Walsh (Belanda-Indonesia), Jordi Amat (Spanyol-Indonesia), Mees Hilgers (Belanda-Indonesia) dan Ragnar Oratmangoen (Belanda-Indonesia).

BACA JUGA; Pemain Kesayangan Shin Tae-yong Resmi Diperkenalkan Klub Elite Korea Selatan

Karena itu, banyak pemain naturalisasi yang tak memiliki darah Indonesia tidak kunjung dipanggil Shin Tae-yong. Ambil contoh di Piala AFF 2020. Hanya Victor Igbonefo, pemain naturalisasi yang tak berdarah Indonesia, tapi dipanggil Shin Tae-yong.

Lantas, apa alasan Shin Tae-yong lebih mengandalkan pemain lokal dan pemain naturalisasi berdarah Indonesia? Dalam pandangan Shin Tae-yong, pemain lokal memiliki semangat yang lebih besar ketika membela negara mereka.

Shin Tae-yong

Kedua, dorongan dari masyarakat Tanah Air. Shin Tae-yong percaya pencinta sepakbola Indonesia lebih bangga jika tim nasional mereka dihuni pemain-pemain lokal.

“Saya bisa membuat satu tim bagus dengan pemain keturunan. Namun, saya juga berpikir orang Indonesia pasti berharap tim kesayangan mereka meraih hasil maksimal dengan pemain-pemain lokal,” kata Shin Tae-yong saat diwawancara Channel YouTube Myeongjangdeul, Okezone mengutip dari kanal BAL.

Sekarang harapannya, keputusan yang diambil Shin Tae-yong berujung positif bagi Timnas Indonesia. Terdekat, Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong akan turun di FIFA Matchday Januari 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini