Penyebab Shin Tae-yong Kagumi Josep Guardiola dan Jose Mourinho, Modal Bawa Timnas Indonesia Juara?

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 51 2530511 penyebab-shin-tae-yong-kagumi-josep-guardiola-dan-jose-mourinho-modal-bawa-timnas-indonesia-juara-x7SbaTbEj3.jpg Shin Tae-yong (kiri), idolai Jose Mourinho dan Josep Guardiola. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

PENYEBAB Shin Tae-yong kagumi Josep Guardiola dan Jose Mourinho akan dibahas dalam artikel ini. Juru taktik berusia 51 tahun itu mengaku menjadikan keduanya dalam referensi taktik.

Tak heran Josep Guardiola dan Jose Mourinho menjadi referensi Shin Tae-yong. Kedua pelatih itu telah memenangkan lebih dari 20 trofi selama menjadi pelatih.

Josep Guardiola dan Jose Mourinho

(Josep Guardiola (kiri) dan Jose Mourinho, dua pelatih favorit Shin Tae-yong)

Josep Guardiola dikenal pintar memainkan strategi penguasaan bola. Sementara itu, Mourinho dikenal jago membentuk pertahanan dan pintar melancarkan counter attack.

“Dari pelatih (dikagumi) mungkin dari Man City, Pep Guardiola, dan juga (Jose) Mourinho, meski bukan penggemar berat mereka tetapi saya senang dengan taktik mereka,” kata Shin Tae-yong saat hadir di Podcast Deddy Corbuzier, mengutip pada Selasa (11/1/2022).

“Bukan hanya taktik saja yang dipelajari, tetapi karakternya mereka seperti apa,” lanjut juru taktik berusia 51 tahun tersebut.

Selain itu, Shin Tae-yong mengaku pernah melawan Guardiola ketika masih berstatus sebagai pemain Timnas Korea Selatan pada 1992. Meski kalah, Shin Tae-yong mengagumi permainan Guardiola.

“Ada kenangan juga saat 1992 saya bermain melawan Spanyol dan saat itu melawan Guardiola dan saya mengaguminya,” ujar Shin Tae-yong.

BACA JUGA: 3 Kebiasaan Buruk Pemain Timnas Indonesia Dibongkar Shin Tae-yong, Penyebab Kesulitan Bersaing di Asia?

Sejak diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 29 Desember 2019, Shin Tae-yong membuat banyak perkembangan bagi Timnas Indonesia. Terbaru, mengandalkan pemain-pemain muda, ia membawa skuad Garuda finis runner-up di Piala AFF 2020.

Namun, ia tak puas. Ia bakal terus belajar menganalisa beberapa pertandingan di Eropa seperti Inggris dan Spanyol demi meningkatkan performa Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong

“Seorang pelatih memang tidak duduk saja, tetapi memang belajar terus menganalisa mungkin dari sepakbola Inggris atau Spanyol,” kata Shin Tae-yong.

Saat ini Shin Tae-yong tengah mempersiapkan Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday periode Januari dan Piala AFF U-23 2022. Rencananya pada 24 dan 27 Januari 2022, Timnas Indonesia akan menghadapi Bangladesh di FIFA Matchday.

Kemudian pada 14-26 Februari 2022, Timnas Indonesia turun di Piala AFF U-23 2022. Di ajang ini, Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar dan Laos. Hanya juara grup yang lolos otomatis ke semifinal Piala AFF U-23 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini