Profil Jordi Amat: Mantan Anak Asuh Luis Milla di Timnas Spanyol U-21 yang Tertarik Bela Timnas Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 51 2490818 profil-jordi-amat-mantan-anak-asuh-luis-milla-di-timnas-spanyol-u-21-yang-tertarik-bela-timnas-indonesia-WiODS1Z877.jpg Profil Jordi Amat yang tertarik bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@jordiamat5)

PROFIL Jordi Amat akan dibahas Okezone dalam artikel kali ini. Bek asal Spanyol yang kini membela klub kasta teratas Liga Belgia, KAS Eupen, tertarik membela Timnas Indonesia.

Bek 29 tahun ini berkesempatan membela Timnas Indonesia karena memiliki keturunan Indonesia. Dalam pengakuan Jordi Amat, sang nenek lahir di Makassar, Sulawesi Selatan.

Jordi Amat

(Jordi Amat (kanan), tertarik bela Timnas Indonesia)

"Nenek saya dilahirkan di Makassar, Sulawesi dan merupakan sosok penting yang mendukung saya dalam karier sepakbola selama ini," kata Jordi Amat mengutip dari Goal Indonesia, Minggu (24/10/2021).

"Ibu dari nenek saya berasal dari Siau, dan ayahnya, yang tak lain moyang saya, adalah M.D. Kansil berasal dari Banda Neira, Maluku,” lanjut mantan bek Espanyol, Rayo Vallecano hingga Swansea City tersebut.

“Tentunya saya bersedia dan akan menerima tanggung jawab tersebut sepenuh jiwa saya, sekiranya dipilih untuk memperkuat pasukan Garuda untuk kejuaraan tersebut (Piala AFF). Hakikatnya, prestasi Indonesia akan terletak pada kerja sama tim, namun secara pribadi saya tidak sabar untuk memberikan pengalaman yang ada pada saya buat Indonesia,” tegas Jordi Amat.

Jordi Amat memulai karier sepakbola profesionalnya bersama Espanyol pada 2010. Saat itu, Jordi Amat baru berusia 18 tahun.

BACA JUGA: Elkan Baggott Menolak, Mantan Bek Timnas Spanyol U-21 Jordi Amat Dapat Diandalkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Sebelumnya atau pada 2009, Jordi Amat menjadi andalan saat Timnas Spanyol U-17 turun di Piala Dunia U-17 yang digelar di Nigeria. Saat itu, personel Timnas Spanyol U-17 dihuni pemain-pemain yang kini sudah mendunia.

Sebut saja Koke, Iker Muniain, Pablo Sarabia, Sergio Roberto hingga Alvaro Morata. Sayangnya, perjalanan Timnas Spanyol U-17 dihentikan tuan rumah Nigeria di semifinal dengan skor 1-3. Namun, di perebutan posisi tiga, Timnas Spanyol U-17 menang 1-0 atas Kolombia.

Kemudian, Jordi Amat juga pernah membela Timnas Spanyol U-19 dan U-21. Ketika membela Timnas Spanyol U-21 pada 2011-2012, Jordi Amat ditangani mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla. Apakah keinginan Jordi Amat membela Timnas Indonesia ada campur tangan Luis Milla?

Luis Milla

(Luis Milla pernah menangani Jordi Amat di Timnas Spanyol U-21)

Balik ke level klub. Pelatih pertama yang memberikan debut profesional Jordi Amat adalah Mauricio Pochettino. Sekarang, Mauricio Pochettino menangani klub elite Paris Saint-Germain (PSG) dan membesut pemain sekaliber Lionel Messi.

BACA JUGA: 5 Pemain Kesayangan Luis Milla di Timnas Indonesia yang Diabaikan Shin Tae-yong, Nomor 1 Pemain Keturunan

Bersama Espanyol, Jordi Amat merumput selama dua musim (2010-2012) dan mencatatkan 46 penampilan. Sempat dipinjamkan ke Rayo Vallecano pada 2012-2013, pemain yang mentas di posisi bek tengah ini dijual Espanyol ke Swansea City pada musim panas 2013.

Bersama Swansea City, Jordi Amat merumput selama empat tahun (2013-2017). Bersama klub yang mentas di sepakbola Inggris inilah, Jordi Amat mencatatkan caps terbanyak yakni 72 penampilan.

Setelah itu, Jordi Amat sempat dipinjamkan ke Real Betis pada 2017, kembali ke Rayo Vallecano dan sejak 2019 berstatus sebagai pemain KAS Eupen. Bersama KAS Eupen, Jordi Amat kini menjadi bek andalan dan berstatus sebagai kapten tim.

Jordi Amat

(Jordi Amat kapten KAS Eupen)

Saat ini hingga pekan ke-12 Liga Belgia 2021-2022, KAS Eupen duduk di posisi tiga klasemen dengan 20 angka, terpaut lima poin dari Union SG di puncak klasemen. Jadi, fakta ini menunjukkan Jordi Amat bukanlah pemain kacangan. Jadi bagaimana PSSI dan Shin Tae-yong, siap andalkan Jordi Amat di Piala AFF 2020?

Piala AFF dilangsungkan di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama juara bertahan Vietnam, Malaysia, Laos dan Kamboja. Hanya dua tim teratas yang dizinkan lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini