3 Negara Ini Huni Ranking FIFA Terendah di Masing-Masing Pot, Satu Grup dengan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 51 2485219 3-negara-ini-huni-ranking-fifa-terendah-di-masing-masing-pot-satu-grup-dengan-timnas-indonesia-di-kualifikasi-piala-asia-2023-krytGFk8BH.jpg Egy Maulana Vikri, pemain andalan Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

KONFEDERASI Sepakbola Asia (AFC) sudah membagi 24 negara ke dalam empat pot jelang undian babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Hasilnya, Tim Nasional (Timnas) Indonesia berada di pot keempat atau pot paling buncit.

Skuad Garuda tergabung bersama negara-negara yang kerap jadi bulan-bulanan negara Asia lainnya seperti Nepal, Mongolia, Bangladesh, Srilanka dan Kamboja/Guam. Meski ditempatkan di pot empat, bukan berarti peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023 otomatis tertutup.

Timnas Indonesia

Sebab, calon lawan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 tak masuk kategori istimewa. Bisa dibilang hanya Uzbekistan, Yordania dan Bahrain, lawan yang coba dihindari Timnas Indonesia.

Nantinya, 24 negara itu akan dibagi ke dalam enam grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan empat negara. Jadi, negara yang berada dalam satu pot takkan satu grup.

Karena itu, Timnas Indonesia takkan bertemu Nepal, Mongolia, Bangladesh, Srilanka dan Kamboja/Guam. Timnas Indonesia akan menghadapi salah satu dari penghuni pot 1, 2 dan 3.

BACA JUGA: Gayanya Diikuti Egy Maulana Vikri dan Asnawi Mangkualam, Ini Respons Khaby Lame

Peluang Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 terbuka lebar. Terlebih, ada 11 slot yang diperebutkan di babak ini. Enam juara grup dan lima runner-up terbaik diizinkan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 yang dilangsungkan di China pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023.

Jika saja lawan Timnas Indonesia merupakan penghuni ranking FIFA terendah di masing-masing pot, peluang Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan ambil bagian di Piala Asia 2023 praktis lebih terbuka.

Di pot 1, ada India yang menghuni peringkat 107 FIFA. Kemudian di pot 2 ada Myanmar yang menempati posisi 146 FIFA. Lanjut ke pot 3, ada Singapura yang menduduki posisi 160.

Timnas Singapura

(Timnas Indonesia bisa hadapi Singapura di Kualifikasi Piala Asia 2023)

Bukan tak mungkin, Timnas Indonesia satu grup dengan nama-nama di atas. Satu hal yang pasti, pencinta sepakbola Tanah Air berharap Timnas Indonesia dapat lolos ke Piala Asia 2023.

Terlebih sudah sangat lama Timnas Indonesia absen di Piala Asia. Terakhir kali Timnas Indonesia ambil bagian di Piala Asia pada 2007.

Berikut pembagian pot babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023:

Pot 1: Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kirgiztan, Palestina, India

Pot 2: Tajikistan, Thailand, Filipina, Turkmenistan, Kuwait, Myanmar

Pot 3: Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Malaysia, Maladewa, Singapura

Pot 4: Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Langka, Indonesia, Guam/Kamboja

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini