5 Fakta Sheriff Tiraspol, Klub Debutan Liga Champions yang Permalukan Real Madrid di Bernabeu

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 261 2478477 5-fakta-sheriff-tiraspol-klub-debutan-liga-champions-yang-permalukan-real-madrid-di-bernabeu-lfmrBUzcEZ.jpg Sheriff Tiraspol menang 2-1 atas Real Madrid. Berikut 5 fakta Sheriff Tiraspol, klub debutan Liga Champions. (Foto: REUTERS/Juan Medina)

LIMA fakta Sheriff Tiraspol yang merupakan klub debutan Liga Champions coba dibahas Okezone. Nama Sheriff Tiraspol mencuat karena dini hari tadi di luar dugaan mereka mengalahkan klub tersukses di Liga Champions, Real Madrid, dengan skor 2-1.

Hebatnya, kemenangan Sheriff Tiraspol atas Real Madrid dilakukan di Santiago Bernabeu. Lantas, fakta apa saja yang bisa kulik dari Sheriff Tiraspol?

Berikut 5 fakta Sheriff Tiraspoll:

5. Berasal dari Moldova

Sheriff Tiraspol

Sheriff Tiraspol berasal dari Moldova. Moldova bukanlah negara kuat di percaturan sepakbola Eropa. Biasanya, negara asal Eropa Timur itu kerap menjadi bulan-bulanan Negara-negara kuat Eropa saat bersua di Kualifikasi Piala Eropa maupun Piala Dunia.

BACA JUGA: Penyebab Kekalahan Real Madrid atas Sheriff Tiraspol di Liga Champions 2021-2022

Meski di level negara kurang diperhitungkan, Sheriff Tiraspol menunjukkan bahwa di level klub mereka bisa bersaing. Terbukti di dua laga awal Liga Champions 2021-2022, skuad asuhan Yuriy Vernydub selalu meraih kemenangan.

4. Bau Kencur dan Sempat Berganti Nama

Sheriff Tiraspol

Sheriff Tiraspol terbentuk pada 1997 dengan nama Tiras Tiraspol. Namun, satu tahun setelah berdiri, nama klub berganti menjadi Sheriff Tiraspol dan bertahan hingga kini.

3. Langsung Juara

Sheriff Tiraspol

Sheriff Tiraspol hanya butuh empat musim untuk menjadi kampiun Liga Moldova. Setelah lahir pertama kali pada 1997, mereka langsung menjadi kampiun pada 2000-2001.

Bahkan Sheriff Tiraspol tercatat sebagai klub tersukses di Liga Moldova dengan koleksi 19 gelar. Pesaing terdekat mereka adalah Zimbru Chisinau yang memenangkan delapan gelar.

2. Harga Pasar Pemain

Sheriff Tiraspol

Harga pasar pemain Sheriff Tiraspol jika diakumulasi hanya USD13,6 juta atau sekira Rp194 miliar. Bahkan nominal itu kalah jauh dari gaji per tahun yang diterima Lionel Messi di PSG.

Lionel Messi menerima 35 juta euro atau sekira Rp584 miliar per tahun dari PSG! Karena itu, melihat kesuksesan yang tercipta akhir-akhir ini, jangan heran jika harga pasar pemain Sheriff Tiraspol bakal melonjak drastis.

1. Klub Pertama Moldova yang Tampil di Liga Champions

Sheriff Tiraspol

Sheriff Tiraspol merupakan klub pertama Moldova yang tampil di Liga Champions. Untuk tampil di fase grup Liga Champions 2021-2022, Sheriff Tiraspol butuh usaha ekstra.

Dibilang begitu karena Adama Traore dan kawan-kawannya memulainya dari babak Kualifikasi I. Untuk sampai di fase grup Liga Champions, Sheriff Tiraspol harus melakoni delapan pertandingan, mulai dari Kualifikasi I, II, III hingga babak playoff.

Karena itu, mumpung sudah sampai di fase grup, Sheriff Tiraspol diprediksi takkan bermain seadanya. Jadi, sampai sejauh mana Sheriff Tiraspol bisa melangkah di Liga Champions 2021-2022?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini