Hasil FC Porto vs Liverpool di Liga Champions 2021-2022: The Reds Habisi Dragoes 5-1

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 261 2478407 hasil-fc-porto-vs-liverpool-di-liga-champions-2021-2022-the-reds-habisi-dragoes-5-1-jvjf4LsXHx.JPG Liverpool menang 5-1 atas FC Porto. (Foto: Reuters)

PORTO Liverpool berhasil menang besar 5-1 di kandang FC Porto pada matchday kedua Grup B Liga Champions 2021-2022, Rabu (29/9/2021) dini hari WIB. Tanpa ada perlawanan yang berarti, The Reds tampil superior hingga membuat tim tuan rumah benar-benar tak berdaya menghadapi skuad asuhan Jurgen Klopp tersebut.

Dengan kemenangan besar 5-1 itu, Liverpool pun bertengger di puncak klasemen sementara Grup B Liga Champions 2021-2022 dengan total enam poin. Unggul dari Atletico Madrid, AC Milan, dan tentunya Porto.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di Stadion Dragao, Liverpool sejatinya sudah langsung mengambil alih permainan dengan cepat. Mereka langsung mengurung Porto dan memaksa tim tuan rumah bermain di area mereka sendiri.

Meski begitu, Liverpool sempat kesulitan mencari cara menjebol gawang Porto. Sampai suatu ketika Curtis Jones mencoba untuk membuka serangan dari sisi kanan pertahanan Porto.

FC Porto vs Liverpool

Jones pada saat itu melepaskan tendangan yang nyatanya masih mampu ditepis kiper Porto, Diogo Costa. Bola tepisan mengarah ke kaki bek Porto, yakni Zaidu Sanisu, namun ia gagal membuang bola.

Ketika sedang berusaha membuang bola, Mohamed Salah dengan cepat merebut dan melepaskan tendangan ke gawang. Liverpool unggul 1-0 atas Porto.

Ketika laga ingin berakhir, Liverpool pun berhasil menambahkan keunggulan di menit 45 lewat aksi Mane. Pemain asal Senegal itu mencetak gol berkat umpan dari James Milner.

Keunggulan 2-0 The Reds itu bertahan sampai turun minum. Di sisa waktu babak pertama tersebut, Liverpool masih sangat mendominasi, dengan 70 persen lebih penguasaan bola.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Liverpool tak mengendurkan daya serang mereka sama sekali. Malahan skuad asuhan Jurgen Klopp itu makin menggila sejak baba kedua dimulai.

Terbukti pada menit 60, Salah lagi-lagi berhasil mencetak gol untuk Liverpool. Lagi-lagi Curtis Jones yang membukakan gol pemain asal Mesir tersebut ke gawang Porto.

Ketika asyik menyerang, Liverpool sedikit lengah dan hal tersebut dimanfaatkan Porto dengan baik di menit 74. Lewat sundulan Mehdi Taremi, Porto mencetak gol penyemangat.

FC Porto vs Liverpool

Akan tetapi, tiga menit berselang semangat pemain Porto itu langsung hancur karena Liverpool lagi-lagi dapat merobek jala gawang tim tuan rumah. Roberto Firmino yang baru masuk di menit 67 langsung dengan cepat mencatatkan namanya di papan skor.

Memanfaatkan kesalahan kiper Porto yang terlalu maju, Firmino dengan cerdas melepaskan bola yang masuk dengan mulus ke gawang. Costa sebenarnya sempat menipis bola hingga keluar dari gawang, tapi wasit mensahkan gol tersebut karena bola memang sudah melewati garis gawang.

Firmino lantas masih belum puas dan lagi-lagi mencetak gol untuk Liverpool. Bak sedang beruntung, Firmino mendapatkan bola dari kegagalan lini belakang Porto dalam menghalau bola. Ia yang berada di mulut gawang Porto dengan mudah melepaskan bola hingga masuk ke gawang.

Skor 5-1 untuk kemenangan Liverpool atas Porto pun bertahan hingga laga berakhir. Liverpool berhasil menang dan untuk sementar waktu berada di peringkat pertama Grup B Liga Champions 2021-2022.

Berikut Susunan Pemain:

FC Porto XI (4-4-2): Diogo Costa; Corona, Ivan Marcano, Fabio Cardoso, Zaidu Sanusi; Otavio, Mateus Uribe, Sergio Oliveira, Otavio, Luis Diaz; Mehdi Taremi, Toni Martinez.

Cadangan: Bruno Costa, Fabio Vieria, Pepe, Wilson Manafa, Francisco Conceicao, Fabio Cardoso, Vitinha, Evanilson, Marko Grujic, Agustin Marchesin, Joao Mario, Wendell.

Liverpool XI (4-3-3): Alisson; James Milner, Joel Matip, Virgil Van Dijk, Andrew Robertson; Fabinho, Curtis Jones, Jordan Henderson; Sadio Mane, Mohamed Salah, Diogo Jota.

Cadangan: Adrian, Caoimhin Kelleher, Ibrahima Konate, Naby Keita, Roberto Firmino, Joe Gomez, Alex Oxlade-Chamberlain, Takumi Minamino, Konstantinos Tsimikas, Divock Origi, Nathaniel Phillips, Neco Williams.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini