5 Klub Top Eropa yang Tak Pernah Juara Liga Champions, Nomor 2 Tiga Kali Jadi Runner-up

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 261 2461119 5-klub-top-eropa-yang-tak-pernah-juara-liga-champions-nomor-2-tiga-kali-jadi-runner-up-o8N9R4zrFA.jpg Lima klub yang belum pernah menjuarai Liga Champions (Foto: UEFA)

LIGA Champions adalah kompetisi paling bergengsi di Benua Biru. Beberapa klub besar Eropa, seperti Real Madrid (13), AC Milan (tujuh), Liverpool (enam), Bayern Munich (enam), dan Barcelona (lima), adalah klub-klub yang paling sering menjuarai Liga Champions.

Namun, tidak semua klub besar Eropa pernah jadi yang terbaik di Liga Champions meski beberapa kali menembus final. Berikut lima klub top Eropa yang tidak pernah juara Liga Champions, dilansir dari Sportskeeda, Rabu (25/8/2021).

5. Arsenal

Arsenal (Foto: Reuters)

Arsenal akan memulai daftar ini karena mereka yang belum pernah menjuarai Liga Champions. Arsenal berpeluang untuk mengukir sejarah di final Liga Champions 2005-2006. Akan tetapi, Arsenal, yang saat itu diperkuat Robin van Persie, Sol Campbell, Thierry Henry, Robert Pires, dan Cesc Fabregas, dikalahkan Barcelona.

4. Valencia

Valencia (Foto: Sportskeeda)

Valencia sempat tampil memukau pada akhir 1990-an dan awal 2000-an. Akan tetapi, Valencia tidak bisa mengikuti jejak raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona, yang beberapa kali menjuarai Liga Champions.

Tampil di dua final Liga Champions beruntun pada 2000 dan 2001, Valencia harus puas menjadi runner-up. Pada 2000, Valencia kalah 0-3 dari Madrid. Setahun berselang, Valencia kalah dalam adu penalti dari Bayern Munich.

3. Paris Saint-Germain (PSG)

PSG (Foto: UEFA)

Paris Saint-Germain (PSG) menjelma jadi raksasa Eropa dalam sedekade terakhir. Semua gelar domestik Prancis pernah diraih oleh PSG, tetapi tidak dengan Liga Champions.

PSG berpeluang untuk meraih trofi Liga Champions pertama mereka di pada musim 2019-2020. Akan tetapi, PSG kalah 0-1 dari Bayern Munich di final.

2. Atletico Madrid

Atletico Madrid (Foto: Sportskeeda)

Jejak Valencia diikuti oleh Atletico Madrid. Dalam sedekade terakhir, Juara bertahan Liga Spanyol itu gagal dalam dua edisi final Liga Champions pada 2014 dan 2016. Dalam dua final itu, Atletico Madrid kalah dari rival sekota mereka, Real Madrid. Sebelumnya, Atletico Madrid juga lolo ke final 1974, tetapi kalah oleh Bayern Munich.

1. Manchester City

Pelatih Manchester City Josep Guardiola (Foto: Reuters)

Seperti PSG, Manchester City adalah klub yang menjadi raksasa Eropa dalam sedekade terakhir. Sayangnya, nasib buruk PSG di Liga Champions juga diikuti Man City.

Man City belum pernah sekalipun mengangakat trofi Liga Champions. Di final Liga Champions musim lalu, Man City justru kalah 0-1 oleh sesama tim Inggris, Chelsea.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini