Gerd Muller Meninggal, Pernah Jadi Andalan Jerman Barat untuk Juarai Piala Eropa dan Dunia

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 15 Agustus 2021 22:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 51 2456016 gerd-muller-meninggal-pernah-jadi-andalan-jerman-barat-untuk-juarai-piala-eropa-dan-dunia-HNPkGc2OiQ.jpg Gerd Muller meninggal dunia. (Foto: Bayern Munich)

LEGENDA sepakbola Jerman, Gerd Muller, meninggal dunia pada Minggu (15/8/2021). Kepergiannya meninggalkan duka mendalam untuk segenap pihak di dunia sepakbola, khususnya Jerman. Sebab, Gerd Muller sendiri telah meninggalkan jasa besar bagi dunia persepakbolaan Jerman.

Gerd Muller menjadi bagian penting dari kebangkitan Bayern Munich. Tak hanya itu, dia juga berperan vital dalam mengantarkan Timnas Jerman Barat meraih kejayaan, khususnya kala skuad Jerman Barat menjuarai Piala Eropa 1972 dan Piala Dunia 1974.

Gerd Muller

Di Timnas Jerman Barat, Muller mulai melakukan debut pada 1966. Akan tetapi, kala itu Muller tidak dipanggil ke dalam skuad Timnas Jerman Barat untuk Piala Dunia 1966.

Muller baru muncul sebagai sosok penting di Timnas Jerman Barat pada gelaran Piala Dunia 1970. Sayangnya, kala itu Der Panzer hanya bisa melaju hingga semifinal.

Kendati demikian, saat itu Jerman Barat telah memiliki prototipe untuk menjadi sebuah tim yang tangguh dengan Muller sebagai ujung tombaknya. Terbukti, dua tahun berselang mereka mampu merajai Benua Biru dengan menjadi Juara Piala Eropa 1972.

Performa impresif Muller dalam membantu Jerman Barat menjuarai Piala Eropa 1972 telah ia tunjukkan sejak di babak kualifikasi. Setelah membantu Der Panzer menjadi juara Grup 8, Muller juga melesakkan gol untuk menyingkirkan Inggris di babak play-off dan melaju ke putaran. Secara keseluruhan, Muller menorehkan sebanyak tujuh gol di babak kualifikasi dan menjadi top skor.

Ada empat tim yang maju ke putaran final Piala Eropa 1972, yaitu Jerman Barat, Hungaria, Belgia, dan Uni Soviet. Di babak semifinal, Der Panzer berhadapan dengan tuan rumah Belgia. Akan tetapi, Jerman Barat mampu meraih kemenangan dengan skor 2-0, yang mana kedua gol tersebut dibukukan Muller.

BACA JUGA:

Performa impresif Muller itu pun berlanjut ke partai final melawan Uni Soviet. Dalam laga pamungkas tersebut, Muller kembali mencetak dua gol dan membawa Jerman Barat menang dengan skor 3-0. Muller pun tampil sebagai top skor turnamen dengan koleksi empat gol.

Kesuksesan Muller bersama Timnas Jerman Barat kemudian berlanjut ke Piala Dunia 1974. Kala itu, Jerman Barat kebetulan ditunjuk sebagai tuan rumah dan mereka benar-benar menampilkan performa yang luar biasa.

Meski Muller hanya mampu mencetak empat gol saja dalam gelaran Piala Dunia 1974 dan gagal menjadi top skor, namun gol-gol yang dilesakkan Der Bomber sangat krusial. Seperti yang terjadi di partai final melawan Timnas Belanda.

Dalam pertandingan tersebut, Jerman Barat sebenarnya tertinggal lebih dulu melalui penalti Johan Neeskens pada menit kedua. Akan tetapi, penalty Paul Breitner di menit ke-25 membuat papan skor kembali sama. Kemudian, pada menit ke-43 Muller melesakkan gol yang membuat Der Panzer unggul 2-1. Skor tersebut bertahan hingga laga usai dan Jerman Barat tampil sebagai juara dunia.

Gerd Muller

Tetapi kini, sosok Gerd Muller telah berpulang. Semua kiprahnya di dunia sepakbola Jerman hanya tinggal kenangan. Gerd Muller meninggal dunia di usia 75 tahun.

Gerd Muller telah didiagnosis menderita penyakit Alzheimer sejak 2015. Dia telah mendapat perawatan khusus di rumahnya. Gerd meninggalkan istrinya, Uschi, dan putrinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini