Menang Dramatis atas Kanada, Meksiko Tantang AS di Final Piala Emas 2021

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 51 2448367 menang-dramatis-atas-kanada-meksiko-tantang-as-di-final-piala-emas-2021-QtqfMmzsia.jpg Laga Timnas Meksiko vs Timnas Kanada. (Foto: Reuters)

HOUSTON – Tim Nasional (Timnas) Meksiko sukses menyegel tiket babak final Gold Cup atau Piala Emas 2021. Kepastian itu didapat usai Meksiko mengalahkan Kanada secara dramatis di babak semifinal.

Bermain di NRG Stadium, Jumat (30/7/2021) pagi WIB, Meksiko menang tipis atas Kanada dengan skor 2-1. Dengan hasil ini, Meksiko akan berjumpa Amerika Serikat (AS) di babak final. AS sendiri melenggang ke final usai melibas Qatar dengan skor 1-0.

BACA JUGA: Kalahkan Qatar, Amerika Serikat Lolos ke Final Piala Emas 2021

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Meksiko dapat menguasai bola di awal babak pertama. Peluang pun mereka dapat saat laga baru berjalan delapan menit. Tetapi, tendangan Hector Herrera bisa ditepis kiper Kanada, Maxime Crepeau.

Timnas Meksiko vs Timnas Kanada

Meski begitu, Kanada tidak mau kalah. Mereka kemudian menyerang balik pada menit ke-17. Sayang, tendangan Stephen Eustaquio masih belum menemui sasaran dan melebar.

Memasuki lima menit terakhir babak pertama, pertandingan memanas. Pemain Kanada tampak menjatuhkan pemain Meksiko di dalam kotak penalti. Namun, wasit tak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Hal tersebut membuat pertandingan sempat terhenti karena pemain kedua tim sempat saling dorong. Wasit kemudian mengintervensi dan menggunakan VAR dan melihat kejadian tersebut.

Hasilnya, VAR menyatakan Meksiko mendapat penalti. Orbelin Pineda yang menjadi eksekutor pun menjalankan tugasnya dengan baik pada menit ke-45. Gol itu menjadi akhir babak pertama.

Babak Kedua

Tertinggal, Kanada berusaha bermain lebih menyerang. Mereka terus berusaha menembus pertahanan Meksiko, namun masih belum bisa menemukan celah untuk menyamakan kedudukan.

Baru pada menit ke-57, Kanada berhasil menyamakan kedudukan. Tajon Buchanan sukses mencetak gol dengan tembakannya. Talavera sudah mengarah ke arah yang tepat, namun gagal mengamankan bola.

Timnas Meksiko vs Timnas Kanada

Drama terjadi kembali pada menit ke-63. VAR digunakan usai pemain Meksiko dijatuhkan di kotak penalti Kanada, dan wasit menunjuk titik putih. Namun, eksekusi Carlos Salcedo kali ini sukses dihentikan Crepeau.

Keadaan itu membuat Kanada makin bersemangat. Mereka kemudian tampil menyerang dan mendapat peluang pada menit ke-75. Tetapi, sepakan Buchanan masih melebar.

Memasuki menit-menit akhir, Meksiko yang lebih menguasai bola. Mereka akhirnya mencetak gol kemenangan pada masa injury time. Tepatnya pada menit ke-99, tembakan first-time Hector Herrera sukses menjebol gawang Kanada. Gol itu sekaligus menjadi akhir laga.

Berikut susunan pemain Timnas Meksiko vs Kanada:

Timnas Meksiko (4-3-3): Alfredo Talavera; Luis Rodríguez, Carlos Salcedo, Hector Moreno, Jesus Gallardo; Jonathan Dos Santos (Erick Gutierrez 61), Edson Álvarez, Hector Herrera; Jesus Corona, Rogelio Funes Mori, Orbelin Pineda (Rodolfo Pizarro 78)

Pelatih: Gerardo Martino

Timnas Kanada (3-4-3): Maxime Crepeau; Alistair Johnston, Doneil Henry, Kamal Miller; Richie Laryea, Stephen Eustaquio, Mark-Anthony Kaye (Liam Fraser 78), Tajon Buchanan; Jonathan Osorio, Tesho Akindele (Theo Corbeanu 69), Junior Hoilett

Pelatih: John Herdman

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini