Lagu Indonesia Raya Tertukar dengan Malaysia, Ini 5 Laga Lain yang Juga Salah Putar Lagu Kebangsaan

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 51 2424150 lagu-indonesia-raya-tertukar-dengan-malaysia-ini-5-laga-lain-yang-juga-salah-putar-lagu-kebangsaan-zNOH7pZIyL.jpg Para penggawa Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia (Foto: PSSI)

INSIDEN tertukarnya lagu Indonesia Raya di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia jadi sorotan. Hal itu terjadi saat Timnas Indonesia melakoni laga terakhir grup kontra Uni Emirat Arab (UEA) pada Jumat 11 Juni 2021 malam WIB.

Tim Merah putih yang berstatus sebagai tuan rumah berkesempatan untuk menyanyikan lagi kebangsaan terlebih dahulu.

 

Akan tetapi, suasana hikmat menyanyikan lagu Indonesia Raya mendadak buyar ketika panitia penyelenggara salah memutar lagu yang justru memainkan lagu kebangsaan Malaysia.

Selain para pemain yang tengah bersiap di lapangan, suporter Indonesia yang datang ke Stadion Zabeel juga dibuat bingung dan ikut melancarkan protes kepada panitia penyelenggara.

Insiden tertukar atau salah putar lagu kebangsaan bukan hanya kali ini saja terjadi. Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (12/6/2021), berikut lime pertandingan yang salah putar lagu kebangsaan.

5. Timnas Kazahstan di Kejuaraan Menembak 2012 Kuwait

Insiden memalukan terjadi pada sebuah kejuaraan menembak di Kuwait pada 2012. Panitia penyelenggara salah memutar lagu kebangsaan Kazakhstan yang salah satu atletnya bernama Maria Dmitrienko berhasil meraih medali emas.

Berdalih ingin memutar lagu kebangsaan Kazakhstan yang berjudul "My Kazakhstan," panitia kejuaraan justru memutar parodi lagu kebangsaan Kazakhstan yang dibuat dalam film Borat yang dibintangi aktor komedi Inggris Sacha Baron Cohen. Sejumlah lirik dalam lagu parodi yang juga berjudul Borat tersebut dianggap menghina Kazakhstan karena berisi sindiran yang menggambarkan orang Kazakhstan sebagai orang yang dungu dan keras kepala.

4. Timnas Albania di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Kejadian ini mungkin jadi salah satu yang paling baru. Timnas Albania sempat menolak bermain saat pertandingan Kualifikasi Euro 2020 melawan Prancis digelar di Stade de France, Saint-Denis. Penyebabnya, panitia dari Asosiasi Sepakbola Prancis (FFF) salah memutar lagu kebangsaan Andorra.

Akan tetapi, keesokan harinya, Presiden Prancis, Emannuel Macron langsung menelpon pemimpin Albania untuk meminta maaf secara langsung. Presiden Macron juga menyampaikan permintaan maaf secara terbuka di televisi.

3. Timnas Spanyol di Piala Davis 2003

Kejadian serupa juga pernah terjadi di Final Piala Davis pada 2003 lalu. Partai Final antara Spanyol vs Australia harus berkurang hikmatnya setelah pemain terompet yang ditunjuk salah memainkan lagu kebangsaan Spanyol.

Atas kejadian tersebut, kontingen Spanyol sempat mengancam akan menarik diri dari ajang tersebut jika panitia tidak menyampaikan permintaan maaf secara terbuka. Secara kebetulan pada pertandingan final tersebut Spanyol berhasil dikalahkan Australia dengan skor akhir 1-3.

2. Timnas Rugby Skotlandia vs Georgia

Hal memalukan menimpa Asosiasi Rugby Skotlandia jelang pertandingan kontra Timnas Rugby Skotladia vs Georgia. Hal tersebut lantaran pihak panitia salah memainkan lagu kebangsaan Georgia.

Akibat insiden ini, duta besar Britania Raya di Tbilisi langsung meminta maaf kepada pemerintah Georgia. Union selaku penyelenggara turnamen juga tidak punya banyak pilihan selain menyampaikan permintaan maaf secara terbuka kepada negara yang dirugikan.

1. Timnas Uruguay di Copa America Centenario

Lagu kebangsaan adalah hal yang emosional dan bisa membangkitkan semangat juang dari pada atlet yang akan bertanding. Hal ini dialami oleh Uruguay yang terlanjur dikacaukan fokusnya saat bertanding melawan Meksiko pada Copa America Centenario.

Bukannya memainkan lagu kebangsaan Uruguay, panitia justru memainkan lagu kebangsaan Chile. La Celeste juga harus menanggung malu karena di akhir laga mereka kalah 1-3.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini