Lini Serang UEA Berbahaya, Asisten Pelatih Timnas Indonesia: Kami Sudah Pelajari

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 08:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 51 2423428 lini-serang-uea-berbahaya-asisten-pelatih-timnas-indonesia-kami-sudah-pelajari-xAaW71fc6Q.jpg Asisten pelatih Timnas Indonesia, Choi In-cheul. (Foto: PSSI)

DUBAI – Asisten Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Choi In-cheul, mengakui ketajaman lini serang Timnas Uni Emirat Arab (UEA) di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Kendati demikian, ia menyatakan skuad Garuda telah mengantongi kelemahan The Falcons –julukan UEA– jelang berduel.

Timnas Indonesia akan melawan UEA dalam laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Jumat (11/6/2021) malam WIB. Laga yang berlangsung di Stadion Zabeel, Dubai. Laga ini diperkirakan menjadi tantangan tersulit bagi lini pertahanan Timnas Indonesia.

Timnas UEA

(UEA tim terproduktif di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia)

Skuad Garuda harus menghadapi lini penyerangan Timnas UEA yang layak mendapat pujian karena sejauh ini menjadi tim paling produktif di grup G. Sebanyak 15 gol telah mereka lesatkan dan hanya kemasukan 5 gol dari enam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Keganasan mereka mulai terlihat saat melakoni uji coba sebelum putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 ini melawan Yordania. Laga yang dimainkan pada 24 Mei 2021 dapat mereka sudahi dengan kemenangan telak 5-1.

Memasuki laga sesungguhnya, UEA semakin gacor dengan membantai negara tetangga, Malaysia. Al Mabkhout dan kawan-kawan melumat Harimau Malaya dengan skor 4-0.

BACA JUGA: Tanpa Shin Tae-yong di Laga Timnas Indonesia vs UEA, Choi In-cheul: Tetap Tampil Maksimal

Di laga berikutnya, mereka membantai lawan yang dapat menahan Indonesia, yakni Thailand. Skor 3-1 untuk kemenangan UEA memastikan mereka bercokol di urutan dua klasemen sementara.

Melihat tren ini, Timnas Indonesia pun harus melakukan perubahan untuk mengevaluasi terutama lini pertahanan. Pasalnya, skuad Garuda menjadi tim yang paling banyak kebobolan di Grup G ini dengan 22 gol dari 7 laga.

Timnas Indonesia

(Timnas Indonesia kebobolan 22 kali dalam tujuh pertandingan Kualfiikasi Piala Dunia 2022 zona Asia)

Choi In-Cheul selaku asisten pelatih pun tak memungkiri kenyataan pahit ini. Namun, menurutnya, Indonesia telah melakukan latihan yang maksimal untuk membongkar kelemahan The Falcons.

“Memang kualitas penyerangan UEA ini sangat baik, tapi kami sudah mempelajari kelemahan dan apalagi kita sudah latihan secara berkualitas dan organisasi dalam tim kita, apalagi kita banyak pemain muda. Jadi kita akan memberikan penampilan yang terbaik,” ucap Choi dalam konferensi pers.

Choi sendiri akan berperan menggantikan pelatih kepala, Shin Tae-yong dalam laga UEA yang akan dimulai pukul 23.45 WIB ini. Shin Tae-yong tak dapat turun langsung menginstruksikan Evan Dimas dan kawan-kawan karena harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini