Hari Ini, Penentuan Group Piala Dunia Futsal 2021 Lithuania

MNC Media, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 51 2418595 hari-ini-penentuan-group-piala-dunia-futsal-2021-lithuania-MHT1fnXuVa.jpg Piala Dunia Futsal. (Foto/MNC)

ZURICH - Federation Internationale de Football Association (FIFA) merilis jadwal pengundian peserta group putaran final Piala Dunia Futsal 2021 Lithuania, yang dilaksanakan pada 1 Juni, pukul 17.00 Central Europe Time atau pukul 23.00 WIB.

Bagi penggila futsal tanah air, pengundian di markas FIFA di Zurich, Switzerland, dapat disaksikan langsung melalui sosial media resmi FIFA. Akan hadir dalam pengundian itu, mantan pemain timnas futsal Spanyol, Kike.

"Piala Dunia adalah acara yang ingin diikuti oleh pemain futsal terbaik di dunia. Saya memiliki kenangan luar bisa dalam empat piala dunia yang saya mainkan untuk Spanyol," katanya.

Baca juga: Pentingnya Recovery bagi Atlet Futsal Menurut Coach Eko Prabowo, Pelatih Fisik Tim Futsal Cosmo FC

Selain Kike, perwakilan Lithuania, Edgaras Jankauskas juga akan terlibat dalam pengundian. Mantan pemain sepakbola Lithuania pertama yang pernah menjuarai Liga Champions itu, mengungkapkan kebanggaannya dapat berpartisipasi dalam momen itu.

Baca juga: Coach Ken: FIFA Futsal World Cup Mengubah Mindset Saya, Timnas Futsal Indonesia Harus Bisa Sampai ke Sana

"Sangat menyenangkan bagi Lithuania menjadi tuan rumah turnamen FIFA. Saya yakin penggemar Lithuania akan jatuh cinta dengan futsal setelah melihat para pemain terbaik berlaga di Piala Dunia Futsal," katanya.

Dua puluh empat tim akan menunggu hasil pembagian group itu dengan seksama, karena akan menentukan perjuangan masing-masing untuk lolos dari putaran group. Pertandingan perdana akan digelar pada 12 September mendatang, serentak dari Kaunas, Vilnius dan Klaipėda. Sementara gelar juara akan diperebutkan pada 3 September 2021 di Kaunas Arena.

Ke-24 tim akan terbagi menjadi empat kelompok, yaitu Pot 1, Pot 2, Pot 3 dan Pot 4. Satu pot terdiri dari enam negara, sehingga seluruh pot terisi merata oleh 24 tim. Penentuan pot ditentukan oleh pemeringkatan, berdasar pada total poin yang diperoleh dalam lima Piala Dunia Futsal FIFA terakhir (3 poin untuk kemenangan, 1 poin untuk seri, 0 untuk kekalahan).

Enam tim dengan nilai tertinggi masuk ke pot 1, enam negara berikutnya masuk pot 2, dan seterusnya hingga pot 4 yang akan diisi oleh enam tim dengan poin terendah. Setelah semua pot terisi, pengundian dimulai.

Sebagaimana yang sudah ditentukan sebelumnya, pemeringkatan yang digunakan untuk membangun pot dalam pengundian hari ini, mengacu pada perolehan poin masing-masing tim di Piala Dunia Futsal FIFA 2016, 2012, 2008, 2004 dan 2000.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini