10 Tim Tampil di Cabor Futsal PON XX Papua

MNC Media, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 51 2413606 10-tim-tampil-di-cabor-futsal-pon-xx-papua-GYoo1Ct8XB.jpg Venut Futsal PON XX Papua 2021. (Foto: MNC Media)

MIMIKA - Cabang olahraga (cabor) futsal di PON XX Papua 2021 akan digelar di Sport Complex di Mimika. Sebanyak 10 tim akan berlaga di cabor ini yang berlangsung 23 September hingga 3 Oktober 2021.

Babak penyisihan dilaksanakan pada 23 sampai dengan 29 September 2021. Kemudian semifinal tanggal 1 Oktober 2021 dan final pada 3 Oktober 2021.

Venue Futsal

10 tim yang akan berlaga di cabor futsal di PON XX Papua terdiri dari 8 tim yang lolos dari babak kualifikasi pada 16-22 Desember 2019, ditambah juara bertahan Jawa barat dan tim tuan rumah Papua. 10 tim peserta ini telah terdaftar dalam sistem informasi PON (SIMPON) dan telah dinyatakan sah oleh Komisi Keabsahan PON.

Nomor yang dipertandingkan untuk cabor futsal hanya Kategori Pria U-23, artinya pemain yang ikut serta harus kelahiran 1 Januari 1997 dan setelahnya.

Sebanyak 10 tim peserta akan mengikuti pertandingan babak penyisihan grup dilanjutkan babak semifinal dan final. Seluruh pertandingan futsal PON XX Papua akan dilaksanakan di GOR Futsal SP 2, Mimika Sport Complex – Kabupaten Mimika.

BACA JUGA: Buku Panduan Teknis PON Papua Dipublikasikan

Staf Sekretariat Bidang Futsal Development di Federasi Futsal Indonesia (FFI) Mohamad Achwani yang pernah ditunjuk sebagai Technical Delegate pada masa persiapan PON Papua menyampaikan beberapa usulan pembenahan di GOR Futsal SP 2, Mimika Sport Complex Mimika sebelum digunakan Oktober mendatang.

"GOR digunakan Futsal dan Handball. Meskipun garis lapangan dapat digunakan untuk 2 cabor, namun gawang futsal dan handball berbeda. Gawang Futsal harus dapat bergerak bebas apabila mendapat benturan dari pemain sedangkan gawang handball harus tertanam di lapangan. Oleh sebab itu gawang harus disiapkan terpisah atau dibuat 2 set terpisah antara gawang futsal dengan gawang handball," kata Mohamad Achwani.

Kemudian ia juga menyampaikan bahwa sirkulasi udara perlu dibenahi. "Di mana jendela di 4 sisi GOR tidak bisa dibuka untuk memberikan sirkulasi udara yang baik. Kondisi ini cukup berbahaya terutama ketika kursi penonton terisi penuh. Sebaiknya jendela di 4 sisi GOR diganti dengan jendela yang dapat dibuka tutup," ucap Mohamad Achwani.

Selain itu ia juga memberitahukan bahwa ruang ganti perlu ditambah. Untuk kompetisi tingkat nasional sekurangnya harus tersedia 4 ruang ganti untuk 2 tim yang sedang bertanding dan 2 tim transit untuk pertandingan selanjutnya, ditambah 1 ruang ganti untuk perangkat pertandingan.

"Lampu pertandingan perlu ditambah. Volume pencahayaan belum memenuhi standar nasional. Sesuai jadwal pertandingan dari pagi sampai malam hari, maka untuk menghindari kurangnya pencahayaan maka panpel harus menambah jumlah lampu pertandingan," tutup Mohamad Achwani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini