Mantan Pelatih Ungkap Kelemahan Timnas Thailand, Indonesia Bisa Ambil Keuntungan

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 51 2411362 mantan-pelatih-ungkap-kelemahan-timnas-thailand-indonesia-bisa-ambil-keuntungan-QCfOKC8FeU.jpg Timnas Thailand. (Foto/FA Thailand)

BANGKOK - Kiatisuk Senamuang mengungkapkan kelemahan Tim Nasional (Timnas) Thailand, ketika berlaga di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Menurut dia skuad Gajah Putih tak terbiasa dengan cuaca panas negera-negara Arab.

Kiatisuk Senamuang sangat mengenal Timnas Thailand. Dia pernah menjadi pemain (1992-2007) serta pernah melatih (2014- 2017). Senamuang menjelaskan perlu waktu yang lama untuk beradaptasi di cuaca panas Dubai.

Baca juga: Diduga Lecehkan Perempuan, Karier Mochamad Yudha Febrian di Timnas Indonesia Selesai

Pelatih yang akrab dipanggil "Zico" ini pun menanggapi terkait tanggal keberangkatan Timnas Thailand ke Dubai pada 21 Mei mendatang. Menurutnya, rentang waktu 10 hari dari laga sesungguhnya sudah tepat untuk masa adaptasi.

“Pemain Thailand tidak terbiasa dengan cuaca yang panas dan kering di UEA. (Sementara) Dalam hal makanan, kami dapat beradaptasi (lebih cepat) jika koki memasak makanan Thailand untuk Anda," ujar Zico dikutip dari media Thailand, Siam Sport pada Senin (17/5/2021).

Foto/FA Thailand

“Saat saya bertugas di timnas Thailand, kami hanya punya waktu 2-3 hari untuk melakukan persiapan menjelang kompetisi. Tapi kali ini, Pelatih Nishino Pergi ke UEA sejak 21 Mei, memberi pemain waktu 10 hari untuk beradaptasi dengan kondisi cuaca tersebut.”

“Waktu yang tepat untuk mempersiapkan pemain untuk pertandingan pertama mereka," lanjut pelatih yang mengantarkan Thailand juara AFC pada 2014 ini.

Zico pun percaya pada penampilan timnas yang kini diasuh oleh pelatih asal Jepang, Akira Nishino. Bahkan menurutnya, Thailand digdaya meski harus melawan UEA di kandangnya sendiri.

Sebelumnya, Thailand mampu menang melawan UEA saat bermain di Thammasat Stadium. Kemenangan 2-1 saat itu juga menjadi modal bagi Thailand.

"Konfrontasi dengan Uni Emirat Arab. Ini akan menjadi pertarungan yang sangat penting yang akan menentukan masa depan timnas Thailand, di leg pertama, timnas Thailand menang 2-1, yang menjadi dasar bagi seluruh tim untuk menjadi lebih percaya diri dalam kemenangan pertemuan kedua mereka," ucap Zico.

Chanathip Songkrasin cs dijadwalkan berangkat ke Dubai Uni Emirat Arab (UEA) pada 21 Mei mendatang. Mereka akan menghadapi laga sisa melawan Indonesia pada 3 Juni, Uni Emirat Arab pada 7 Juni, dan Malaysia pada 15 Juni mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini