Modal Skill Menjadi Pivot Futsal Andal ala Coach Wahyu

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 51 2397723 modal-skill-menjadi-pivot-futsal-andal-ala-coach-wahyu-thz8Gjsvzp.jpg (Foto: MNC)

JAKARTA - Seorang pivot boleh jadi adalah pemain sentral dalam sebuah tim. Pasalnya, pemain futsal dengan posisi pivot seringkali dapat mengubah jalannya pertandingan.

Tidak hanya itu, seorang pivot juga menjadi garda terdepan dalam sistem pertahanan futsal, karena menjadi pemain pertama yang meredam serangan lawan, sebelum masuk ke area pertahanan tim.

Itulah sebabnya, ada sejumlah faktor yang perlu dikuasai untuk menjadi seorang pivot yang andal. Mantan pemain timnas Futsal Wahyu Triyanto, memiliki catatan teknis untuk sukses memegang peran pivot dalam tim futsal.


Baca juga: Belajar Strategi Futsal dari Coach Panca Pauji: Pahami Kekuatan Skuad


Baca juga: Kiat Sukses di Luar Lapangan dari Atlet Futsal Tely Limas Sarendra

Pertama, body balance yang kuat, untuk berduel dengan anchor lawan dan tidak mudah tunduk atas marking pemain lawan. Kedua, adalah kontrol bola yang baik, berfungsi untuk menjaga bola dari tekanan pemain lawan saat kawan mengoper bola.

Selanjutnya adalah mental petarung, karena menjadi seorang pivot akan sangat sering mendapat tekanan lawan. Keempat, adalah positiong dan cepat tanggap melihat situasi dan cepat mengambil keputusan.

"Tugas seorang pivot kebanyakan sangat penting sebagai seorang dinding pemantul untuk pemain lain yang membuka ruang serangan, juga sebagai finisher sebuah skema serangan yang dibangun tim," katanya.

Wahyu menambahkan, seorang pivot harus mampu cepat memutuskan saat mendapat bola, apakah dia harus memberikan umpan ke rekan atau menyelesaikannya sendiri untuk menjadi sebuah gol.

Untuk itulah, Assistant Pelatih Timnas Futsal tahun 2016, 2017 dan 2018 itu menjelaskan juga beberapa latihan dasar yang harus dilakukan seorang pivot. Menurutnya, latihan utama yang harus dilakukan adalah latihan penguatan lutut untuk kuda-kuda yang kuat.

Selain itu, latihan ball mastery pivot adalah porsi yang diasah untuk membentuk feeling ball yang bagus. Dan terakhir adalah llatihan shooting finishing.

"Shooting finishing ini berguna saat pivot sedang tidak mendapat support dari rekannya, sehingga pivot harus menyelesaikan sendiri peluangnya untuk menjadi sebuah gol," kata Headcoach Halus FC pada musim 2020 itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini