Asisten Wasit yang Anulir Gol Cristiano Ronaldo Dipecat

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 51 2394511 asisten-wasit-yang-anulir-gol-cristiano-ronaldo-dipecat-kLrYotPw73.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

NASIB buruk menimpa asisten wasit, Mario Diks, yang menganulir gol menit akhir Cristiano Ronaldo saat Portugal melawan Serbia di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup A. Dia dipecat dari keikutsertaan di Piala Eropa 2020.

Pemecatan itu diduga berkaitan dengan kekeliruan Mario Diks dalam pertandingan Portugal kontra Serbia. Keputusannya menganulir gol Cristiano Ronaldo membuat pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

Cristiano Ronaldo (Foto: Sportskeeda)

Padahal, tayangan ulang menampakkan gol Cristiano Ronaldo sah karena bola telah sepenuhnya melewati garis gawang. Kekeliruan itu membuat wasit yang memimpin pertandingan tersebit, Danny Makkelie, meminta maaf kepada Cristiano Ronaldo dan Portugal.

“Sesuai kebijakan FIFA, yang bisa saya katakan adalah, bahwa saya meminta maaf kepada Pelatih Portugal, Fernando Santos, dan timnya atas apa yang terjadi," kata wasit asal Belanda itu pada media Portugal, A Bola, mengutip dari Mirror, Rabu (14/4/2021).

BACA JUGA: Alasan Juventus Tendang Cristiano Ronaldo Bikin Pemain Muda Tersenyum

"Sebagai tim wasit, kami selalu bekerja keras untuk membuat keputusan yang baik. Ketika kami diberitakan dengan cara ini, itu sama sekali tidak membuat kami bahagia,” tuturnya.

BACA JUGA: Juventus Gagal Lolos ke Liga Champions, Cristiano Ronaldo Angkat Kaki dari Stadion Allianz

Permasalahan ternyata tidak selesai sampai di permintaan maaf Danny Makkelie. Wasit asal Belanda itu mengambil keputusan tegas dengan tidak memakai tenaga Mario Diks dalam timnya untuk Piala Eropa 2020.

Keputusan itu membuat Mario Diks merana. Dia mengaku kecewa dengan keputusan Danny Makkelie yang tidak mempertimbangkan kariernya selama ini sebagai pengadil pertandingan.

“Ini amat sangat mengecewakan bagi saya karena saya sudah sangat dekat dengan Piala Eropa. Rabu, 31 Maret, saya mendengar dari Makkelie, bahwa dia ingin melanjutkan dengan asisten yang lain, karena sudah tidak ada kepercayaan dalam kerja sama yang telah kami bangun," ujar Mario Diks pada Omrop Fryslan, Rabu (14/4/2021).

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

"Saya benar-benar berharap dukungan lebih banyak, pengertian dan kepercayaan setelah bekerja sama selama bertahun-tahun," tutur wasit asal Belanda itu.

Sementara itu, Danny Makkelie menunjuk Jan de Vries sebagai penggati Mario Diks dalam tim wasitnya. Danny Makkelie tidak membeberkan alasan dari pemecatan Mario Diks demi menghormati kompatriotnya itu.

"Memang benar bahwa Jan de Vries telah mengambilalih posisi Mario Diks di tim. Ini adalah masalah tim. Untuk menghormati Mario, tapi juga karena kepentingan tim. Kami tidak membuat pernyataan apa pun tentang alasan perubahan ini," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini