5 Cara Merawat Sepatu Futsal, Apa Saja?

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 51 2389913 5-cara-merawat-sepatu-futsal-apa-saja-QcuaL1uYUZ.jpg Vamos Mataram. (Foto/MNC Media)

MERAWAT sepatu futsal merupakan bagian yang penting agar alas kaki khusus terssebut tetap nyaman saat digunakan dan tahan lama. Ada berbagai cara untuk merawat sepatu futsal supaya ssepatu tetap terihat bagus dan tidak mudah rusak.

Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara merawat sepatu futsal. Berikut lima cara merawat sepatu futsal agar sepatu terus bisa tahan lama dan tetap asyik saat digunakan si kulit bundar.

5. Sikat Lembut

Sebelum mencuci sepatu futsal, ingat satu hal yang pertama. Lepas semua tali dari sepatu agar lebih mudah saat dibersihkan. Anda bisa menggunakan sikat yang lembut atau ikat gigi untuk mengangkat kotoran yang menempel pada sepatu futsal.

Foto/Twitter

Jangan menggunakan sikat yang kasar. Hal iu bisa merusak bahan sepatu. Tips lainnya adalah, saat menyikat sepatu, lakukan dengan secara searah agar mengurangi gesekan pada sepatu. Lalu jangan menyikatnya terlalu keras, juga jangan terlalu ditekan saat menyikat sepatu Anda.

Baca juga: 5 Formasi Futsal Terbaik, Apa Saja?

Baca juga: 5 Cara Menjadi Kiper Futsal, Apa Saja?

4. Jangan Direndam Lama

Merendam sepatu mungkin terpikir untuk membersihkan sepatu futsal Anda. Hal itu ada benarnya. Namun, jangan terlau lama merendam sepatu futal Anda. Merendam sepatu dengan jangka waktu yang lama bisa membuat bahan sepatu terkelupas.

Saran lainnya, jika ingin menggunakan sabun saat merendam sepatu futsal, jangan guanakan deterjen biasa. Gunakan sabun dengan bahan khusus seperti sabun bayi, agar sepatu Anda lebih awet dan wangi.

3. Hindari Kucuran Air

Menggunakan kucuran air saat membersihkan sepatu terlihat lebih mudah untuk menghilangkan kotoran yang menempel di sepatu. Hanya, anggapan tersebut jusrtu bisa membuat sepatu futsal kalian bisa lebih cepat rusak.

Tenaga dari kucuran air bisa membuat bahan sepatu futsal Anda lebih mudah terkelupas. Sebaiknya gunakan ember yang sudah diisi air untuk membersihkan sepatu Anda.

4. Jangan Langsung Terkena Matahari

Gunakan handuk kertas atau kain yang kering dan lembut untuk mengelap dan mengeringkan sepatu setelah dicuci. Keringkan semua bagian satu per satu, mulai bagian lidah sepatu, bagian atas, dan masing-masing sol sepatu.

Untuk bagian dalam, kamu bisa mengeringkannya dengan kertas koran. Gumpal beberapa kertas koran, lalu masukkan ke dalam sepatu sampai kertas menyerap semua bagian yang basah sampai kering.

Untuk proses pengeringan jangan, jemur sepatu kalian langsung terkena sinar matahari. Hal itu bisa membuat bahan dari sepatu kalian lebih cepat pudar.

5. Simpan dengan Rapi

Material sepatu futsal umumnya terbuat menggunakan kulit sintetis. Bahan seperti ini punya penanganan khusus agar terawat.

Jangan menyimpan sepatu futsal dalam plastik tertutup. Sepatu futsal harus disimpan di tempat yang sirkulasi udaranya cukup. Jika kulit sepatu sudah terkelupas, akan membuat penampilan sepatu kalian kurang bagus.

Saat disimpan, disarankan menggunakan shoe tree atau ganjalan sepatu bagian dalam kalian. Alat itu berfungsi agar kelenturan sepatu futsal tetap terjaga dan tahan lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini