Sadar Persaingan di Timnas Inggris Ketat, Foden Justru Kasihan dengan Southgate

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 27 Maret 2021 07:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 51 2384882 sadar-persaingan-di-timnas-inggris-ketat-foden-justru-kasihan-dengan-southgate-9UEFWN1KID.JPG Phil Foden (Foto: Reuters)

LONDON – Penggawa Manchester City, Phil Foden, menaruh simpati terhadap pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris yakni Gareth Southgate. Foden meyakini bahwa Southgate sangat kesulitan memilih skuad inti karena banyaknya pemain bintang di dalam skuadnya.

Foden yang baru berusia 20 tahun memang telah menunjukkan penampilan apiknya bersama Man City pada musim ini. Karena itu, Southgate pun tidak ragu menunjuk Foden untuk masuk dalam skuadnya di Timnas Inggris.

Inggris vs San Marino

Terakhir, Foden masuk dalam skuad Inggris saat menghadapi San Marino dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Laga itu pun menjadi penampilan keempatnya bersama Three Lions –julukan Timnas Inggris, walaupun di pertandingan tersebut ia datang dari bangku cadangan.

Baca juga Inggris Bantai San Marino 5-0, Southgate: Saya Sangat Senang

Meski begitu, Foden juga tidak ingin mempersalahkan hal tersebut. Sebab, ia juga menyadari bahwa bukan persoalan mudah bagi Southgate untuk memilih 11 pemain karena persaingan sangatlah ketat, terutama pada lini depan.

Baca juga Inggris Bantai San Marino di Wembley Stadium

Pada satu sisi, Foden sangat menginginkan tempat di Timnas Inggris, termasuk juga menjadi bagian dari skuad di ajang Piala Eropa musim panas ini. Namun, Foden tidak akan iri dengan pilihan Southgate, jika pada akhirnya ia tidak akan terpilih.

“Sulit mendapatkan tempat (di tim ini). Ada begitu banyak talenta hebat di sepertiga penyerang, jadi saya merasa kasihan kepadanya (Southgate) karena harus memilih 11 orang,” ungkap Foden, mengutip dari Goal, Sabtu (27/3/2021).

“Ini sangat sulit dan yang bisa saya lakukan adalah terus berjuang untuk tempat saya. Hanya itu yang bisa saya lakukan,” tambahnya.

“Saat Anda berada dalam performa yang baik, kepercayaan diri Anda selalu tinggi dari biasanya, jadi, ya, saya merasa sangat percaya diri saat ini dan saya sangat menikmati permainan saya,” lanjutnya.

Inggris vs San Marino

“Jadi, apakah ini yang paling percaya diri yang pernah saya rasakan dalam karier saya? Mungkin iya. Sulit untuk mengatakan tak terbendung tetapi saya merasa seperti saya penuh percaya diri,” imbuhnya.

“Jika saya tidak dipilih, saya akan terus bekerja keras dan mencoba dan meningkatkan. Saya masih berusia 20 tahun dan masih banyak yang harus ditingkatkan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini