Depak Ronald Koeman, Barcelona Tunjuk Mikel Arteta sebagai Pelatih Anyar

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 51 2370362 depak-ronald-koeman-barcalona-tunjuk-mikel-arteta-sebagai-pelatih-anyar-YKvSSGjfNG.jpg Mikel Arteta (Foto: Andy Rain/REUTERS)

BARCELONA – Barcelona dikabarkan tertarik untuk menjadikan Mikel Arteta sebagai juru taktik mereka. Hal tersebut terjadi apabila manajemen Barcelona akhirnya memutuskan untuk mendepak Ronald Koeman dari kursi kepelatihan klubnya.

Sebagaimana diketahui, Koeman sendiri memang resmi ditunjuk sebagai pelatih Barcelona jelang musim 2020-2021 dimulai. Manajemen Barcelona menunjuk Koeman sebagai pelatih guna menggantikan peran Quique Setien yang dinilai gagal.

Pada awal kiprah Koeman sebagai pelatih Barcelona, ia memang gagal menunjukkan performa mengesankan. Bahkan Barca harus rela menutup tahun 2020 dengan menempati posisi keenam pada klasemen Liga Spanyol musim ini.

Ronald Koeman

Akan tetapi perlahan tapi pasti, Barcelona pun mulai menunjukkan performa mengesankan di segala kompetisi yang mereka ikuti pada musim ini. Bahkan di Liga Spanyol 2020-2021, Barca mampu melalui enam pertandingan terakhir mereka tanpa tersentuh kekalahan.

Baca Juga: Ada Peluang Lionel Messi Bertahan di Barcelona

Bahkan dalam pertandingan teranyar, Barca berhasil memetik kemenangan kala bertandang ke markas Sevilla. Dalam pertandingan tersebut, Barca mampu menang dengan skor akhir 2-0 melalui gol-gol Ousmane Dembele (29’) dan Lionel Messi (85’).

Meski begitu, bukan berarti posisi Koeman sebagai pelatih Barca masih aman-aman saja pada saat ini. Terlebih dengan adanya fakta bahwa Barca kemungkinan besar tersingkir dari Liga Champions 2020-2021 usai takluk 1-4 dari Paris Saint-Germain (PSG) di leg pertama babak 16 besar.

Bahkan belakangan ini muncul kabar bahwa manajemen Barca tengah membidik sejumlah nama untuk menggantikan peran Koeman sebagai pelatih mereka. Arteta pun menjadi salah satu nama yang disebut-sebut masuk dalam kandidat pengganti Koeman.

Menurut laporan dari Sport, Senin (1/3/2021) manajemen Barca tertarik untuk menunjuk Arteta lantaran sempat berguru langsung oleh Pep Guardiola semasa di Manchester City. Sementara di Arsenal, kiprah Arteta sebagai pelatih juga tidak terlalu mengecewakan.

Mikel Arteta

Akan tetapi penunjukkan Arteta sebagai pelatih Barca baru akan terjadi apabila Joan Laporta terpilih sebagai Presiden mereka. Ya, Laporta kabarnya benar-benar sangat terkesan dengan kiprah kepelatihan Arteta sejauh ini.

Baca Juga: Usai Permalukan Sevilla, Pique Yakin Barcelona Berpeluang Raih Gelar Juara

Selain Arteta, nama Xavi Hernandez juga masuk dalam kandidat pengganti Koeman di kursi kepelatihan Barca. Ya, Xavi sendiri saat ini memang tengah menikmati momen kepelatihannya bersama salah satu peserta Liga Qatar, yakni Al Sadd.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini