Tuchel Siap Beri Kesempatan untuk Kepa Arrizabalaga

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 45 2360667 tuchel-siap-beri-kesempatan-untuk-kepa-arrizabalaga-5u62Aq0zSt.jpg Kepa Arrizabalaga (Foto: Twitter Chelsea)

BARNSLEY – Kepa Arrizabalaga sejatinya sudah kehilangan tempatnya sebagai penjaga gawang utama Chelsea. Akan tetapi, pelatih anyar Chelsea, Thomas Tuchel, mengaku siap memberi kesempatan kepada penjaga gawang asal Spanyol itu unjuk gigi.

Kepa sebetulnya memiliki label sebagai penjaga gawang termahal di dunia. Sebab, pada bursa transfer musim panas 2018 The Blues menebus Kepa dengan mahar 80 juta euro dari Athletic Bilbao.

Baca juga: Soal Rumor Ketertarikan Chelsea dengan Haaland, Ini Kata Thomas Tuchel

Kendati demikian, Kepa justru lebih sering melakukan kesalahan yang membuat gawang Chelsea kebobolan. Pada akhirnya, di musim panas 2020, Chelsea merekrut penjaga gawang baru, Edouard Mendy. Sejak kedatangan Mendy, Kepa pun sering menempati bangku cadangan.

Edouard Mendy

Pada awal kedatangan Tuchel, ia pun selalu menunjuk Mendy untuk mengawal gawang The Blues. Meski begitu, Tuchel merasa bahwa ia juga harus memberi kesempatan kepada Kepa.

Baca juga: Atletico Tak Bisa Main di Kandang, Tuchel Akui Chelsea Diuntungkan

Maka dari itu ia akan memainkan Kepa di pertandigan melawan Barnsley dalam lanjutan Piala FA 2020-2021 pada Jumat 12 Februari 2021 dini hari WIB. Tuchel hanya berharap Kepa bisa tampil lepas tanpa terbebani hal-hal yang mengganggunya selama ini.

"Sangat penting bagi saya untuk mengatakan ini: dia tidak harus berprestasi berlebihan. Saya ingin dia memainkan pertandingan secara normal besok,” ujar Tuchel, dikutip dari Sportsmole, Kamis (11/2/2021).

“Dia hanya harus menunjukkan kualitasnya. Tidak lebih atau kurang. Jadi kami harus mengelola ekspektasi karena saya tidak mengharapkan dia mencetak gol dan menjaga clean sheet,” jelas pelatih asal Jerman itu.

"Saya hanya ingin dia membantu kami dengan kualitasnya dan untuk dia memberikan performa yang solid untuk membantu tim. Dia memiliki tujuan besar untuk dicapai dan ambisi pribadi yang besar. Tapi ini normal; itulah mengapa dia ada di sini,” lanjutnya.

Kepa Arrizabalaga vs Liverpool

"Tidak ada penjaga gawang yang ingin duduk di bangku cadangan, saya mengerti itu. Dan tidak ada orang saya yang ingin bepergian besok untuk duduk di bangku cadangan,” tukas Tuchel.

Sepanjang berlangsungnya musim kompetisi 2020-2021, Kepa baru tampil sebanyak enam kali dan telah mengalami delapan kebobolan. Dalam enam pertandingan tersebut, Kepa hanya satu kali mencatatkan clean sheet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini