Kecelakaan Pesawat, 4 Pemain dan Presiden Klub Sepakbola Asal Brasil Tewas

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 51 2350266 kecelakaan-pesawat-4-pemain-dan-presiden-klub-sepakbola-asal-brasil-tewas-7UYPxxRSyw.jpg Palmas Futebol. (Foto/Twitter)

RIO DE JANEIRO - Empat pemain dan presiden klub sepakbola asal Brasil, Palmas Palmas Futebol e Regatas tewas dalam kecelakaan pesawat. Insiden terjadi pada Minggu 24 Januari 2021 di Tocantins.

Dalam sebuah pernyataan Palmas yang dikutip dari NY Post, Senin (25/1/2021), kecelakaan terjadi saat pesawat berusaha lepas landas. Namun, pesawat tak berhasil mengudara karena mendalami kecelakaan di ujung landasan pacu.

Para pemain Palmas menggunakan pesawat untuk menuju Goiania, di wilayah tengah Brasil. Mereka dijadwalkan akan bertanding melawan Vila Nova.

Media setempat melaporkan bahwa para pemain Palmas yang tewas terbang dengan pesawat pribadi karena mereka dinyatakan positif Covid-19 dan pada hari Minggu menjadi hari terakhir isolasi mereka. Sementara pemain lainnya akan melakukan perjalanan dengan penerbangan komersial.

Para korban tewas, yakni presiden Lucas Meira. Sedangkan pemain Palmas yang tewas adalah Lucas Praxedes, Guilherme Noé, Ranule dan Marcus Molinari, serta pilotnya. Tidak ada yang selamat dalam kecelakaan tersebut.

Penyebab kecelakaan itu belum diketahui. Petugas pemadam kebakaran Tocantins melaporkan bahwa pesawat merupakan model dengan mesin ganda memiliki kapasitas enam penumpang.

Ketika petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kecelakaan, 500 meter dari landasan pacu, pesawat tersebut sudah terbakar. Menurut laporan resmi, setidaknya ada dua ledakan yang terjadi setelah pesawat tergelincir dari landasan pacu.

Konfederasi SepakBola Brasil menyatakan belasungkawa untuk pemain dan penggemar Palmas. Federasi memerintahkan untuk mengheningkan cipta selama satu menit di semua pertandingan yang dimainkan pada hari Minggu sebagai tanda berkabung.

Pada 2016, kecelakaan pesawat menewaskan 19 pemain klub sepak bola Chapecoense. Pesawat Chapecoense jatuh dalam perjalanan ke final turnamen Amerika Selatan pertama klub itu di Kolombia setelah kehabisan bahan bakar di dekat Medellin.

"Sayangnya, kami tahu seperti apa momen kesakitan ini dan kami berharap tidak ada kelompok lain yang merasakan hal yang sama," kata Chapecoense dalam sebuah pernyataan yang turut berduka bagi Palmas. “Kamu tidak akan melalui ini sendirian,” lanjut pernyataan tersebut

Alejandro Dominguez, presiden badan sepakbola Amerika Selatan CONMEBOL juga, menyampaikan belasungkawa. "Saya sangat berduka dengan kecelakaan pesawat yang menimpa Palmas," katanya di Twitter.

“Saya turut berbela sungkawa untuk semua yang membentuk klub, keluarga dan teman-teman di saat yang menyedihkan ini.”

Palmas Futebol e Regatas didirikan pada tahun 1997 dan bermain di divisi keempat Brasil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini