Josef Bican Diklaim Cetak 821 Gol, Cristiano Ronaldo Belum Jadi Pesepakbola Tertajam

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 00:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 51 2348720 josef-bican-diklaim-cetak-821-gol-cristiano-ronaldo-belum-jadi-pesepakbola-tertajam-z5P9a2z02Q.jpg Cristiano Ronaldo sudah cetak 760 gol (Foto: Juventus)

PRAHA – Polemik soal pemecahan rekor gol Cristiano Ronaldo kembali mengemuka. Asosiasi Sepakbola Republik Ceko (FACR) mengklaim CR7 belum memecahkan rekor gol terbanyak sepanjang sejarah milik Josef Bican. Sebab, Josef Bican total mengoleksi 821 gol.

Sebagaimana diketahui, Cristiano Ronaldo sukses menyumbang sebiji gol ke gawang Napoli pada Piala Super Italia, Kamis 21 Januari 2021 dini hari WIB. Satu gol itu menggenapkan koleksinya menjadi 760 buah untuk klub dan negara.

Koleksi 760 buah gol itu menjadikan Cristiano Ronaldo pesepakbola tersubur sepanjang sejarah. Ia melewati catatan gol milik Josef Bican di kompetisi resmi, yakni 759 gol. Sayangnya, status tersebut mendapat perlawanan dari FACR.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Pecahkan Rekor Gol Sepanjang Masa Josef Bican

Cristiano Ronaldo cetak gol ke gawang Napoli (Foto: Reuters/Alberto Lingria)

Pihak asosiasi mengklaim, berdasarkan Komite Sejarah dan Statistik FACR, Josef Bican mencetak 821 gol di pertandingan resmi. Itu berarti, Cristiano Ronaldo masih membutuhkan minimal 62 gol lagi untuk melewati catatan milik Josef Bican.

“Komite Sejarah dan Statistik FACR sudah menghitung semua gol yang dicentak oleh pesepakbola legendaris Josef Bican,” bunyi pernyataan FACR lewat akun Twitter, dikutip dari Football Italia, Jumat (22/1/2021).

“Kami bisa mengumumkan Josef Bican sudah mencetak 821 gol di pertandingan resmi,” sambung kicauan tersebut.

Pertentangan soal jumlah gol semakin sengit jika melihat apa yang dilakukan legenda sepakbola Brasil, Edson Arantes dos Nascimento. Pria yang akrab disapa Pele itu mengklaim sudah mencetak total 1.283 gol di kompetisi resmi sepanjang kariernya.

Klaim soal banyak-banyakan mencetak gol tersebut tidak perlu terjadi seandainya ada pencatatan yang rapi. Cristiano Ronaldo beruntung hidup di masa modern sehingga catatan gol-golnya terdokumentasi dengan rapi.

Josef Bican

Sementara itu, pengarsipan di zaman Josef Bican dan Pele belum serapi dan terstruktur seperti masa kini. Akibatnya, total jumlah gol yang dikoleksi kedua nama besar di dunia sepakbola tersebut simpang siur dan penuh klaim.

Apa pun itu, koleksi gol Cristiano Ronaldo tetap terhitung luar biasa untuk era sepakbola modern. Jika dirinci, pesepakbola berusia 35 tahun itu menyumbang lima gol untuk Sporting Lisbon, 118 gol bagi Manchester United, 450 gol buat Real Madrid, 85 buah untuk Juventus, dan terakhir 102 gol bagi Tim Nasional (Timnas) Portugal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini