Sebagai Pesepakbola Muslim, Demba Ba Ceritakan Perbedaan Main di Inggris dan Turki

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 51 2348496 sebagai-pesepakbola-muslim-demba-ba-ceritakan-perbedaan-main-di-inggris-dan-turki-yeQCUGZXPv.JPG Selebrasi sujud syukur Demba Ba. (Foto: Reuters)

ISTANBUL – Nama Demba Ba kembali terdengar usai tim yang dibelanya Istanbul Basaksehir bermain di kompetisi Liga Champions 2020-2021. Apalagi tim Ba tersebut tergabung dengan Grup H yang berisikan Paris Saint-Germain (PSG), Manchester United, dan RB Leipzig.

Jadi, Ba pun kembali disorot oleh dunia. Banyak yang mempertanyakan bagaimana kehidupan Ba semenjak tak lagi bermain di kompetisi Liga Inggris, salah satu ajang sepakbola yang disebut-sebut terbaik saat ini.

Mendapatkan pertanyaan itu, Ba dengan tegas jutsru merasa kehidupan jauh lebih baik saat bersama Istanbul. Alasannya karena Ba mengaku sebagai pesepakbola muslim, ia jauh lebih nyaman tinggal di Turki ketimbang di Inggris.

Baca Juga: Pecat Lampard, Chelsea Juara Liga Champions?

Demba Ba saat melaksanakan ibadah umrah

Ba menyebut sebagai pesepakbola muslim di Eropa, ada banyak tantangan yang harus dihadapinya untuk menjadi seorang penganut agama islam yang baik. Mereka harus beradaptasi di negara yang tentunya mayoritas bukanlah pemeluk agama islam.

Hal itulah yang dirasakan oleh pesepakbola asal Senegal, Demba Ba. Ba pernah merasakan sulitnya melaksanakan sholat lima waktu ke mesjid saat masih membela Chelsea atau Newcastle United dan ketika berada di West Ham United.

Sedari 2011 sampai 2014, Ba merasakan sulitnya melaksanakan ibadah dengan baik di Inggris. Semua itu terjadi karena berbagai tantangan yang memang harus ia hadapi di negara yang mayoritas bukan pemeluk agama islam.

Permasalahan itu kini tak dirasakan Ba semenjak bermain di Turki. Berada di Turki yang merupakan negara mayoritas muslim membuat Ba menjadi lebih bebas sebagai seorang penganut agama islam. Ia tak lagi pusing mencari mesjid untuk melakukan sholat lima waktu.

Ba pun mengaku kini ia bisa sholat kapan pun ia mau. Hal yang paling ia sukai selama berkarier di Turki adalah muslim bebas untuk melakukan apa pun.

Demba Ba

"Saya seorang muslim dan bekerja di negara muslim (Turki) . Saya sangat senang memenuhi kewajiban agama saya. Turki memberikan kebebasan beragama kepada orang-orang. Saya bisa pergi ke masjid untuk sholat kapan pun saya mau,” terang Ba, seperti diwartakan Daily Sabah, Kamis (21/1/2021).

Jadi, saat ini Ba benar-benar sangat menikmati bermain bersama Istanbul BB di Turki. Ia lebih merasa lebih bahagia di klub tersebut ketimbang saat memebla Chelsea atau tim-tim lain di Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini