Piala Dunia U-20 2021 Dibatalkan, Menpora: Pemerintah Sudah Berupaya Keras untuk Yakinkan FIFA

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 51 2333664 piala-dunia-u-20-2021-dibatalkan-menpora-pemerintah-sudah-berupaya-keras-untuk-yakinkan-fifa-HD23cn2l0c.jpg Menpora RI, Zainudin Amali (Foto: Kemenpora)

JAKARTA - FIFA telah resmi membatalkan gelaran Piala Dunia U-20 2021 yang berlangsung di Indonesia. Menanggapi keputusan tersebut, Menpora RI, Zainudin Amali, mengatakan pihaknya telah berupaya keras untuk meyakinkan FIFA terkait keseriusan pemerintah keseriusan pemerintah Indonesia bersama PSSI.

Hal tersebut disampaikan melalui surat kepada kepada Presiden FIFA yang dikirimkan pada awal Desember 2020. Terlepas dari pada itu, Menpora mengatakan Indonesia sebagai tuan rumah memahami keputusan yang diambil FIFA kali ini.

“Sebagai informasi, sesungguhnya pemerintah sudah berupaya keras untuk meyakinkan FIFA tentang keseriusan yang ditunjukkan oleh Pemerintah bersama PSSI melalui surat yang dikirimkan pada awal Desember 2020 kepada Presiden FIFA termasuk juga upaya dalam mengatasi masalah pandemi Covid-19,” ujar Menpora melalui rilis resmi, Jumat (25/12/2020).

“Dalam surat tersebut secara lengkap juga disebutkan tentang dukungan Presiden RI melalui Kepres dan Inpres dan juga optimalisasi persiapan Timnas dan renovasi sejumlah venue pertandingan,” sambungnya.

Baca juga: Piala Dunia U-20 2021 Indonesia Dibatalkan, Ini Pernyataan Resmi Kemenpora

“Semalam Saya telah melaporkan keputusan FIFA tersebut kepada Menko PMK. Langkah terdekat yang segera akan dilakukan adalah mengadakan rapat koordinasi pada awal minggu depan yang akan dipimpin langsung oleh Menko PMK dan akan mengundang semua pihak terkait, baik unsur Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta PSSI,” ujarnya lagi.

“Beberapa hal penting yang akan dibahas antara lain: penjelasan lengkap tentang penundaan event tersebut, up date dan kelanjutan renovasi sejumlah stadion dan lapangan latihan serta update dan kelanjutan pembinaan Timnas yang sudah dipersiapkan,” jelasnya

“Tentu saja beberapa hal diperkirakan akan berubah (disesuaikan usia pada saat itu) karena event tersebut berlangsung di tahun 2023. Pada tahun yang sama , Indonesia juga akan menjadi tuan rumah (co-host) Piala Dunia FIBA tahun 2023,” sambungnya.

Keputusan FIFA membatalkan gelaran Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia membuat para personel Tim Nasional (Timnas )Indonesia U-19 harus rela melepaskan peluang emas untuk tampil di kancah internasional.

Meski demikian, mereka tetap bisa memanfaatkan kesiapan untuk Piala Dunia U-20 2021 itu untuk dialihkan ke kompetisi yang lain, seperti halnya Piala Asia U-23 yang akan berlangsung pada 2022 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini