TC Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Terus Genjot Fisik serta Taktik Pemain

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 23 November 2020 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 51 2314463 tc-timnas-indonesia-u-16-bima-sakti-terus-genjot-fisik-serta-taktik-pemain-roJollXgKU.jpg Para pemain Timnas Indonesia U-16. (Foto: PSSI)

BOGOR – Pelatih kepala Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman, membicarakan soal pemusatan latihan atau training center (TC) yang kini tengah dilakukan. Memasuki pekan kedua, Bima bersyukur TC bisa berjalan dengan baik. Ia pun terus berusaha menggenjot fisik serta taktik dari para pemain Timnas Indonesia U-16.

Timnas Indonesia U-16 memang terus fokus membenahi fisik, taktik, serta lini pertahanan dan menyerang selama menjalani TC. Pemusatan latihan ini sendiri digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, mulai 16 November 2020.

Timnas Indonesia U-16

Dengan begitu, TC sudah memasuki pekan kedua saat ini. Selama menjalani pemusatan latihan, Bima mengatakan bahwa seluruh pihak selalu menjalani dengan baik protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona.

BACA JUGA: Ini Fokus Pembenahan Timnas Indonesia U-16 Sepulang dari UEA

“Alhamdulillah, kita sudah melewati satu pekan latihan, sesuai arah Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, setiap mulai latihan kami selalu disiplin menjaga jarak, memakai masker, dan menyiapkan serta menggunakan hand sanitizer, selama, saat, dan sesudah latihan,” ujar Bima Sakti, sebagaimana dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (23/11/2020).

Bima juga membicarakan khusus soal performa para pemainnya selama TC. Menurut pelatih berusia 44 tahun itu, performa para pemain Timnas Indonesia U-16 sudah menunjukkan peningkatan.

Di pekan kedua pemusatan latihan ini, Bima berencana untuk memberi materi yang menjadi catatan perbaikan mereka usai menjalani dua laga uji coba internasional. Dengan cara ini, kinerja yang jauh lebih baik diharapkan bisa terlihat saat kembali berlaga.

“Baik itu dari fisik, pemahaman taktik yang diperbaiki, mereka sudah banyak meningkat. Pembenahan setelah dua laga uji coba melawan UEA (Uni Emirat Arab) membuat kami dapat pelajaran bermakna,” lanjut Bima.

“Hari ini kami mempertajam passing, terutama akurasi, small sided game, tiga tim dibagi tujuh pemain kami juga banyak melakukan permainan dengan menggunakan seluruh lapangan, setiap pemain mendapat giliran main,” lanjutnya.

Bima Sakti

TC Timnas U-16 dijadwalkan berlangsung hingga 29 November. Ini menjadi rangkaian TC yang dilakukan dalam mempersiapkan skuad Garuda Asia -julukan Timnas Indonesia U-16- jelang putaran final Piala AFC U-16.

Putaran final itu rencananya akan berlangsung di Bahrain pada 2021. Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi ini. Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini