Latihan Timnas Indonesia U-19 dan Timnas U-16 hanya Diperkuat Satu Pemain Keturunan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 14 November 2020 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 51 2309509 latihan-timnas-indonesia-u-19-dan-timnas-u-16-hanya-diperkuat-satu-pemain-keturunan-PEhopXDNQT.jpg Jack Brown. (Foto/PSSI)

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 dan Timnas U-16 kembali melakukan pemusatan latihan training center (TC) pada November 2020. Dari sejumlah pemain yang dipanggil, hanya ada satu pemain keturunan yang memperkuat dua tim kelompok umur ini.

Timnas U-19 asuhan Shin Tae-yong telah memanggil sebanyak 38 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di Jakarta. Latihan sudah dimulai sejak 13 dan akan berakhir 23 November 2020 mendatang.

Foto/PSSI

Skuad Garuda Muda sebelumnya menjalani latihan selama dua bulan di Kroasia pada akhir Oktober 2020 silam. Latihan kemudian dilanjutkan pada 5-13 November secara virual yang dipimpin Shin Tae-yong dari negara asalnya, Korea Selatan.

Baca juga: Kakang Rudianto Tak Mau Sia-siakan Peluang Masuk Timnas Indonesia U-19

Pada TC November yang belum dipimpin Shin Tae-yong ini, Timnas Indonesia U-19 hanya diperkuat satu pemain keturunan. Dia adalah Jack Brown, yang memiliki darah Inggris-Indonesia.

Jack bisa mengikuti latihan Timnas Indonesia U-19, karena tidak memperpanjang kontraknya dengan klubnya, Lincoln City. Pasalnya, klub asal Inggris itu tidak memiliki tim berjenjang setelah tim U-18.

Sedangkan tiga pemain keturunan lainnya, kembali ke klub masing-masing setelah mengikuti TC di Kroasia. Mereka adalah Elkan Baggott yang kembali memperkuat Ipswich Town, sedangkan kakak-adik Luah dan Kelana Mahesa kembali bersama klub Jerman, Bonner SC.

Pemain keturunan Liberia

Sementara itu, Timnas Indonesia U-16 juga kembali menggelar pemusatan latihan di bulan November. Sebanyak 26 pemain dipanggil untuk mengikuti TC yang akan berlangsung pada 16-29 November 2020 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pemusatan latihan Timnas U-16 pada November ini merupakan persiapan Skuad Garuda Asia jelang putaran final Piala AFC U-16. Turnamen tersebut rencananya akan berlangsung di Bahrain awal tahun 2021 mendatang.

Foto/Persib Bandung

Dari ke-26 tersebut, Ronaldo Joybera Kwateh menjadi satu-satunya pemain keturunan yang dipanggil pelatih Bima Sakti. Dia merupakan pemain keturunan Liberia-Indonesia.

Ronaldo merupakan eks pemain asal Liberia yang pernah bermain lama di Indonesia, Roberto Kwateh. Sementara ibunya berasal dari Indonesia.

Ronaldo Kwateh merupakan pemain lulusan akademi Persib Bandung. Dia pernah bermain di kompetisi Elite Pro Academy PSSI U-16 2019. Data akun instagram @Wunderkid.id, Ronaldo Kwateh telah mencetak tiga gol untuk Persib U-19 dari sembilan penampilan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini